Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Serahkan DAK2 ke KPU Batam
Oleh : ron/dd
Kamis | 06-12-2012 | 13:14 WIB

BATAM, batamtoday - Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyerahkan data agregat kependudukan per kecamatan (DAK2) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) di lantai V Kantor Pemko Batam, Kamis (6/12/2012). Dengan jumlah penduduk Batam mencapai 1.060.000, maka akan dilakukan penambahan kursi DPRD dan pemekaran daerah pemilihan (Dapil).


Pada kesempatan tersebut Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan bahwa DAK2 merupakan acuan untuk Pemilihan Umum tahun 2014 mendatang.

"Ini langkah dan data awal untuk Pemilu 2014 kepada KPU," kata Dahlan.

Sementara itu, Ketua KPU Batam, Hendriyanto mengatakan bahwa saat ini sudah berlangsung tahapan pemilu tahun 2014. Data jumlah penduduk yang diserahkan Pemko Batam akan dijadikan sebagai acuan penentuan jumlah kursi DPRD Kota Batam pada pemilu nanti.

"Ini akan jadi data kita untuk Pemilu 2014 nanti untuk penentuan jumlah kursi DPRD," terang Hendriyanto.

Dengan jumlah penduduk di Batam yang di atas satu juta jiwa, Batam akan mendapatkan 50 kursi untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Nantinya kita akan melakukan pemekaran Dapil. Data pemilih Kota Batam nanti sudah ada pada Februari tahun depan, sedangkan penetapan Dapil nanti dilakukan pada Desember 2013.

"Kita akan melakukan pleno untuk pemekaran Dapil pemilu. KPU akan mengacu pada jumlah penduduk dapil tersebut dengan perkiraan akan ada 5 sampai 6 dapil di Batam," jelasnya.