Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Film Dokumenter Shaggydog Tayang Perdana 14 Desember 2012
Oleh : dd/rs
Rabu | 05-12-2012 | 15:28 WIB
shaggy.jpg Honda-Batam
Shaggydog.

YOGYAKARTA, batamtoday - Sebagai wujud syukur eksistensi mereka yang tahun ini mencapai 15 tahun, unit ska terkemuka asal Yogyakarta, Shaggydog, telah selesai menggarap film dokumenter bertajuk Berdansa Bersama Shaggydog beberapa tahun lalu.

Melalui akun Twitter resmi di @shaggydogjogja, pada Selasa (4/12) malam lalu mereka membeberkan bahwa dokumenter tersebut akan ditayangkan untuk umum pertama kalinya di Taman Budaya Yogyakarta pada 14 Desember mendatang. Tidak ada pungutan biaya bagi orang-orang yang hendak menyambangi premier tersebut.

Dokumenter tersebut bercerita soal kehidupan Shaggydog dari awal karier di daerah kelahiran mereka, Sayidan, hingga kesuksesan yang diraih saat tampil di Belanda dan Australia.

Proses pengerjaan Berdansa Bersama Shaggydog tertunda nyaris lima tahun dari 2008. Hal ini disebabkan oleh kesulitan yang mereka hadapi dalam mengumpulkan dokumentasi lama Shaggydog dan juga permasalahan dalam hal editing.

DVD untuk dokumenter ini pun awalnya direncanakan untuk rilis pada Juni lalu, bertepatan dengan ulang tahun Shaggydog yang ke-15, namun lagi-lagi karena masalah teknis terpaksa ditunda.

Pemutaran perdana Berdansa Bersama Shaggydog ini didukung oleh Komunitas Dokumenter Indonesia yang merupakan pelaksana ajang tahunan Festival Film Dokumenter Yogyakarta.

Sejak 2002, festival tersebut diadakan dengan reguler dan disiplin tiap pekan kedua bulan Desember. Untuk tahun ini, Festival Film Dokumenter Yogyakarta akan diadakan pada 10 hingga 15 Desember 2012.