Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tahun 2013, BLUD Salurkan Dana Bergulir UMKM Rp 6 Miliar
Oleh : ron/dd
Senin | 03-12-2012 | 15:46 WIB

BATAM, batamtoday - Febrialin, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PMPKUKM) Kota Batam menyatakan, Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) akan menyalurkan dana bergulir Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tahun 2013 sebesar Rp 6 miliar.

"Dana tersebut diambil dari dana  perputaran Rp 3 miliar dan dukungan dana dari APBD Rp 3 miliar," kata Febrialin, Senin (3/12/2012).

Dana bergulir tersebut banyak diminati masyarakat karena bunga pinjaman yang dibebankan kepada UMKM ringan, hanya sebesar 6 persen per tahunnya dengan lama pinjaman dua tahun dan maksimal tiga tahun.

"Sepanjang penyaluran dana bergulir menggunakan pola BLUD, pengembalian masyarakat dan responnya sangat tinggi," katanya.

Sedangkan untuk untuk tahun 2012 ini hingga bulan November dana yang sudah tersalurkan sebesar Rp 4,2 miliar dari target penyaluran hingga akhir tahun sebesar Rp 4,5 miliar.

"Penyaluran dana tersebut dari anggaran pos APBD sebesar Rp 3 miliar dan pengembalian dana dari masyarakat sebesar Rp 1,2 miliar," ungkapnya.

Pengembaliannya, untuk tahun ini diharapkan mencapai Rp 2,5 miliar. Dan pengembalian pada tahun depan bisa mencapai Rp 3 miliar. Dengan demikian, pelaksanaan atau proses pencairan kepada masyarakat terus dilakukan.

"Penyaluran dilakukan sepanjang terdapat pengajuan pinjaman yang dilengkapi persyaratannya," ujar Febrialin.

Untuk besaran pinjaman yang bisa diberikan disesuaikan dengan permintaan dengan jenis usaha dan nilai agunan. Pihak BLUD akan menyalurkan anggaran maksimal 80 persen dari taksiran agunan.