Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lakukan Pengerukan Ilegal, Warga Bakar Alat Berat Milik PT Glorys
Oleh : hz/dd
Jum'at | 30-11-2012 | 18:18 WIB
alat-berat-dibakar-1.jpg Honda-Batam
Lidah api masih menjilati alat berat yang dibakar warga

BATAM, batamtoday - Puluhan warga RT 02/ RW 05 Kampung Harapan Swadaya, Kelurahan Sadai, Kecamatan Bengkong mengamuk dan membakar alat berat milik PT Glorys karena melakukan aktivitas illegal pengerukan tanah di wilayah mereka, Jumat (30/11/2012) sekitar pukul 13.30 WIB.


Informasi yang dihimpun batamtoday, aksi pembakaran itu dilakukan karena warga kesal terhadap aktivitas itu, sebab ada oknum RW malah mengatasnamakan warga untuk memperoleh keuntungan dari penjualan tanah tersebut.

"Warga kecewa atas aktivitas pengerukan tanah di wilayah ini, sebab ada oknum RW yang mengatasnamakan warga untuk memperoleh keuntungan dari sini," kata Syahdan, saksi mata kepada batamtoday.

Warga yang kesal, lanjut Syahdan, kemudian mendatangi alat berat yang sedang bekerja. Tanpa ada komando, masyarakat lantas memecahkan kaca alat berat itu dan kemudian membakarnya.

"Siram bensin, bakar-bakar beco ini,' ujar Syahdan menirukan teriakan warga saat peristiwa pembakaran itu.

Beruntung aksi tak makin parah, sebab aparat kepolisian dari Polsek Bengkong yang turun ke lapangan berhasil mengamankan lokasi. Tak lama kemudian, satu unit pemadam kebakaran dari BP Batam datang untuk memadamkan api.

Sementara itu, Kapolsek Bengkong Iptu Hadi Sucipto mengatakan, pihaknya masih menyelidiki kasus ini dan memeriksa sejumlah saksi yang ada di lokasi kejadian.

"Masih lidik, kita belum tahu apakah alat berat ini terbakar atau dibakar," ujarnya singkat.