Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jika UMK Batam 2013 Meleset dari Usulan DPK, SPSI Siap Turun ke Jalan
Oleh : kli/dd
Jum'at | 30-11-2012 | 16:03 WIB

BATAM, batamtoday - Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Batam menyatakan siap turun ke jalan, jika Upah Minimum Kota (UMK) Batam 2013 meleset dari usulan DPK Batam.


Kesiapan SPSI mengawal putusan UMK Batam hingga sesuai dengan rekomendasi DPK, diutarakan Ketua SPSI Batam, Daniel. Pasalnya, usulan DPK terkait UMK 2013, dinilainya merupakan hal yang wajar dan sudah sesuai dengan KHL.

"SPSI Batam akan kawal penetapan UMK 2013 jangan sampai meleset dari usulan DPK. Jika hal itu terjadi, SPSI akan turun ke jalan demi tercapainya UMK Batam yang layak," unarnya kepada batamtoday, belum lama ini.

Menurutnya, UMK 2013 yang direkomendasikan oleh DPK Batam tidak hanya masalah kenaikan. Namun, perlu juga dilihat dari pasaran tenaga kerja. Sebab, jika UMK Batam lebih rendah dibanding dengan kota lain, maka tenaga kerja yang sudah ada di Batam akan hengkang atau pindah ke kota yang UMK-nya jauh lebih layak.

Daniel berharap, kejadian Nopember 2011 jangan sampai terulang kembali. Dimana, kerusuhan buruh terjadi lantaran memperjuangkan kenaikan UMK. "Jika UMK 2013 turun dari usulan DPK Batam, maka peristiwa Nopember 2011 bisa terung kembali," ujarnya.