Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tottenham Bungkam Liverpool di Kandang
Oleh : dd/goal
Kamis | 29-11-2012 | 09:49 WIB

LONDON, batamtoday - Tottenham Hotspur menanjak ke peringkat kelima klasemen sementara Liga Primer Inggris setelah mempecundangi tim tamu Liverpool 2-1 di White Hart Lane, Kamis (29/11/2012) dinihari WIB.


Skuat Andre Villas-Boas unggul dua gol di babak pertama melalui Aaron Lennon dan Gareth Bale. Nama terakhir ini kemudian membuat gol bunuh diri selepas turun minum, tapi The Reds gagal menyamakan kedudukan sampai laga berakhir.

Kemenangan memastikan Spurs bertengger di tempat kelima berkat tabungan 23 poin, sementara kekalahan bagi pasukan Brendan Rodgers membuat mereka terbenam di urutan ke-12 dengan koleksi nilai tetap 16 dari 14 partai.

Babak Pertama

Mengandalkan serangan cepat yang dimotori oleh Gareth Bale, Tottenham langsung memberikan tekanan kepada sang tamu dan unggul cepat pada menit ketujuh.

Mendapat bola di wilayah sendiri, Bale kemudian menampilkan solo run istimewa dengan melewati empat pemain Liverpool hingga memasuki kotak penalti sebelum melepas crossing berbau tembakan yang disontek masuk oleh Aaron Lennon di tiang jauh.

Tujuh menit berselang, Liverpool mendapat kesempatan bagus untuk membalas. Luis Suarez mengumpan kepada Jose Enrique yang diposisikan sebagai sayap kiri dalam laga ini.

Hugo Lloris meninggalkan sarangnya untuk mencegat pemain Spanyol itu, namun bola halauannya justru jatuh ke kaki Joe Allen. Beruntung buat Lloris, tembakan Allen melenceng meski gawang sudah kosong melompong.

 Kegagalan itu mesti dibayar mahal oleh Pool karena di menit ke-16 Spurs dapat menggandakan skor. Eksekusi tendangan bebas Bale yang terdefleksi pagar betis membuat Pepe Reina terkecoh dan bola pun bersarang di dalam gawang The Reds.

Sempat kesulitan memberi ancaman nyata, Liverpool baru kembali mendapat peluang bersih lagi di menit ke-36. Steven Gerrard merangsek ke kotak penalti Spurs sebelum pergerakannya dibendung Moussa Dembele.

Bola mengarah kepada Suarez yang langsung melepaskan tembakan terarah, namun upayanya gagal berbuah gol menyusul sapuan brlian dari Kyle Walker di garis gawang. Sampai wasit mengirim kedua tim ke ruang ganti, kedudukan masih 2-0 buat The Lilywhites.

Babak Kedua

Tertinggal dua gol, Liverpool menunjukkan perbaikan performa selepas turun minum. Ritme permainan mereka kuasai dengan penguasaan bola berbalut umpan-umpan pendek yang menjadi taktik andalan sang bos, Brendan Rodgers.

Namun mereka tetap agak kesulitan untuk menerobos pertahanan skuat Andre Villas-Boas, yang setia mengintip celah untuk melakukan fast-break.

Setelah serangan berkali-kali kandas akibat kesalahan pengambilan keputusan atau operan akhir yang kurang jitu, upaya tim tamu akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-72.

Pencetak gol kedua Spurs, Gareth Bale, kembali masuk papan skor, namun sayangnya kali ini tercatat sebagai gol bunuh diri. Menyambut sebuah tendangan penjuru, Steven Gerrard melepaskan tandukan terarah.

Aaron Lennon yang berdiri di garis gawang siap menyapu bola. Sial, upayanya malah memantul balik dan menggetarkan jala The Lilywhites setelah mengenai wajah Bale.

Gol penipis skor ini memicu semangat Pool untuk setidaknya mengamankan satu angka. Mereka makin dominan dan terus memberikan tekanan intens ke pertahanan Tottenham.

Peluang demi peluang pun didapatkan, di antaranya melalui Enrique, Suarez, dan Jonjo Shelvey, tapi semuanya berujung nihil. Keunggulan 2-1 dapat dipertahankan Spurs hingga laga kelar.