Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disdukcapil Lingga Kembali Gelar Pelatihan Petugas Operator e-KTP
Oleh : jhr/dd
Kamis | 29-11-2012 | 08:21 WIB
disdukcatpil-1.jpg Honda-Batam
Sekretaris Disdukcapil Lingga Ajis My sedang menyampaikan materi pelatihan kepada peserta.

LINGGA, batamtoday – Pemerintah Kabupaten Lingga yang masih melakukan perekaman e-KTP, kembali melakukan pelatihan bagi petugas operator dan petugas registrasi dari desa, kelurahan dan kecamatan se-Kabupaten Lingga.


Pelatihan dalam rangka penerapan e-KTP, yang berlangsung selama 2 hari (Selasa - Rabu) di Gedung PSMTI Dabo Singkep, ini diikuti oleh sedikitnya 154 orang petugas operator dan petugas registrasi. 

Sekretaris Disdukcapil Lingga Ajis My selaku narasumber, Rabu (28/11/2012) mengatakan, sosialisasi secara terus-menerus bagi para petugas penting dilakukan, terutama wilayah perdesaan yang tidak banyak memahami administrasi kependudukan.

"KTP seringkali diurus ketika sudah sangat mendesak. Apalagi e-KTP yang tidak banyak dipahami kegunaan dan manfaatnya dalam keseharian masyarakat," ungkapnya.

Pentingnya bimbingan bagi operator, lanjut Ajis, karena masukan data penduduk harus teliti dan benar, sehingga penerapan e-KTP di Lingga tidak terkendala.

"Kita harapkan operator yang ditugaskan dapat dilatih dengan baik. Sehingga prosedur pengambilan data penduduk nantinya tidak mengalami permasalahan yang dapat memperlambat kelancaran penerapan e-KTP di Lingga," harapnya.

Selain itu, dengan adanya program penerapan e-KTP diharapkan masyarakat hanya akan memiliki satu KTP dan menghindari dari kepemilikan KTP ganda. Setiap penduduk hanya memiliki NIK sebagai dasar dalam penerbitan dokumen.

"KTP yang berbasis NIK adalah KTP yang memiliki spesifikasi format KTP Nasional dengan sistem pengamanan khusus yang berlaku sebagai identitas resmi yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil," tegasnya.