Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BPK Kawal Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Negara
Oleh : ron/dd
Senin | 26-11-2012 | 14:46 WIB

BATAM, batamtoday - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan sosialisasi dalam rangka membangun komunikasi efektif dengan pemangku kepentingan di wilayah Kepri, Senin (26/11/2012) di Batam Centre.


Ada empat poin penting tujuan dari sosialisasi BPK yakni yang pertama memberikan pemahaman mengenai tugas, fungsi dan kewenangan BPK RI serta pencapaian kerja BPK Kepri dalam mendorong transparansi dan akuntabilitas keuangan negara. Kedua memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi mengenai hasil pemeriksaan BPK RI dan tindaklanjut atas rekomendasi hasil pemeriksaan yang diharapkan dari entitas yang diperiksa.

Ketiga, memperoleh masukan dari pemangku kepentingan dalam rangka meningkatkan kinerja BPK RI. Keempat, memberikan sosialisasi tentang fungsi pengawasan yang dilakukan oleh DPR RI dalam pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara.

Melalui kegiatan ini, BPK RI berharap mutu hubungan kelembagaan dengan pemangku kepentingan dapat mendorong terwujudnya tata kelola keuangan negara yang akuntabel dan transparan.

"Dengan hasil pemeriksaan BPK , DPR dan DPRD bisa menjalankan hak bujet dan pengawasan terhadap pemerintah, khususnya dalam pengelolaan keuangan negara. Disisi lain, dengan menggunakan hal legislasinya, DPR dan DPRD memiliki hak dan wewenang masing-masing untuk menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK," ujar Jayusman, Kepala Sub Bagian SDM, Hukum dan Humas BPK Kepri.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Nizam Barhanuddin, Kepala Direktorat Utama Pembinaan dan Pengembangan Hukum Pemeriksa Keuangan Negara BPK RI dan Harry Azhar Azis, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI.