Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hollywood Lirik Lokasi Syuting Film di Indonesia
Oleh : dd/inl
Senin | 26-11-2012 | 09:12 WIB

JAKARTA, batamtoday - Industri film Hollywood banyak melirik sejumlah lokasi potensial untuk syuting film di Indonesia. Itu sejak syuting film Eat Pray Love di Bali.


Hal tersebut disampaikan Syamsul Lussa, Dirjen Ekraf Berbasis Seni Budaya dari Kemenparekraf saat 'Diskusi Seni Rupa Dalam Film Era Digital' bersama PWI Jaya Seksi Film dan Budaya di Cisarua Puncak, Bogor, Jawa Barat, pekan lalu.

"Ada beberapa titik lokasi yang banyak dikunjungi pembuat film. yang paling banyak itu Bali, Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Papua," kata Syamsul.

Sejumlah lokasi menurut Syamsul merupakan daerah wisata yang banyak diminati wisatawan lokal dan mancanegara.

"Ya sebut saya NTB, NTT, Raja Ampat. Kalau di Sumatera pasti Medan, Danau Toba, Minangkabau, Bangka Belitung," imbuhnya.

Melirik potensi tersebut, Kementrian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif (Kemenparekraf) memfasilitasi produser film luar dengan mengikuti bursa lokasi (syuting) di Amerika Serikat.

"Kami ikut di pasar lokasi, bursa lokasi di ajang location show setiap tahun di LA, Amerika Serikat yang diikuti peserta dari seluruh dunia. Kami juga datangi studio (perfilman) besar di Hollywood dan kita sudah jadi member di situ," tuturnya.