Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Film Indonesia Mulai Membentuk Karakter Bangsa
Oleh : dd/kpl
Sabtu | 24-11-2012 | 11:38 WIB

JAKARTA, batamtoday - Film-film karya anak bangsa berhasil meraih berbagai penghargaan di mata internasional. Tentunya, kesuksesan tersebut tak terlepas dari komitmen pemerintah dalam memberikan dukungan kepada masyarakat film di tanah air.


Pemerintah dalam hal ini, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), memiliki tugas penting yaitu meningkatkan kualitas dan kuantitas film nasional. Tidak hanya itu, pemerintah juga bertanggung jawab untuk memperbaiki sumber daya manusia (SDM) perfilman.

Untuk mencapai tugas penting tersebut, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri. Perlu dukungan dari masyarakat perfilman untuk memperbaiki kualitas film anak bangsa, karena film mencerminkan karakter dan jati diri bangsa.

Tidak hanya di luar negeri, sambutan terhadap perfilman di tanah air yang mengisahkan kebudayaan indonesia dengan tema-tema sejarah dan kearifan lokal, memiliki sambutan yang luar biasa. Hal itu dibuktikan dengan jumlah penonton yang meningkat setiap tahunnya. Seperti film The Raid yang mencapai 1.844.817 penonton. Di urutan kedua ada Negeri 5 Menara yang mencapai 765.425 penonton.

Jumlah penonton yang semakin selektif dalam menyaksikan film layar lebar, turut andil dalam memberikan dukungan kemajuan perfilman di tanah air. Penonton yang mulai cerdas dalam memilih film, menciptakan warna baru. Yaitu, penonton lebih senang menyaksikan film yang mengisahkan sejarah dan kearifan lokal, dibandingkan dengan film yang bertemakan hantu dan erotisme pemain film.

Jumlah produksi film pun setiap tahunnya semakin meningkat. Sepanjang tahun 2011 dari 149 film yang terdaftar, 82 film telah diproduksi. Sedangkan di tahun 2012 ini jumlah produksi film lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.