Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disdikpora Kepri Beri Bantuan Alat Olahraga Senilai Rp 180 Juta
Oleh : hrj/dd
Jum'at | 23-11-2012 | 12:31 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Provinsi Kepri menyerahkan sejumlah alat olahraga kepada Kelurahan Tanjungpermai, Kecamatan Serikuala Lobam (SKL) dan Kelurahan Tanjunguban Kota, Tanjunguban Selatan, Kecamatan Bintan Utara, Jumat (23/11/2012).


Bambang Swastyo, Kabid Sarana dan Prasana Disdikpora Kepri menjelaskan,Disdikpora Kepri melalui APBD 2012 memberikan bantuan senilai Rp 180 juta, berupa alat olahraga kepada sejumlah kelurahan dan desa yang ada di Kepri.

Adapun alat olahraga yang diserah kepada tiga kelurahan tersebut diantaranya, 2 net, 5 buah bola takraw, 5 buah bola kaki dan 5 buah voli. Bantuan alat olahraga itu sendiri, diterima langsung oleh masing-masing lurah setempat. 

Dijelaskannya, Disdikpora Kepri sejak tahun 2011, sudah membangun 5 lapangan olahraga di Batam, diantaranya 4 lapangan voli dan satu lapangan bulutangkis, berupa gedung olahraga sebagai pusat pelatihan bagi para pelajar dan pemuda.

Masalah bantuan untuk lapangan, kata Bambang, sejauh ini untuk wilayah Kepri masih banyak terkendala minimnya lahan. Sehingga walau pun adanya program bantuan untuk lapangan dari Kemenpora langsung, justru kehilangan kesempatan.  

"Kelemahan rata-rata kelurahan dan desa, selalu terkendala masalah lahan untuk membangun lapangan olahraga. karena saat mengajukan lahan harus sudah berstatus hibah dan  minimal alashak, karena lapangan menjadi aset kelurahan setempat," ujarnya.

Hal tersebut juga diakui oleh Alfeni Harmi, Lurah Tanjungpermai kecamatan Serikuala Lobam Bintan, menurutnya memang untuk membangun sebuah lapangan olahraga pihaknya juga masih terkendala masalah proses lahan, apalagi Tanjungpermai adalah sebuah perumahan. Sehingga sesuatunya harus diurus terlebih dahulu melalui Perumnas, walaupun lahan sendiri sebenar sudah ada. 

"Memang kita tidak bisa cepat untuk mengurus status lahan, apalagi kondisinya di dalam perumahan. namun pada 2013 kelurahan ini berencana akan membangun sebuah lapangan basket," ungkapnya.