Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PLTMG Panaran Diresmikan, Tingkatkan Ketersediaan Daya Listrik di Batam
Oleh : ron/dd
Kamis | 22-11-2012 | 14:27 WIB

BATAM, batamtoday - Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Panaran 3 x 8,1 MW milik bright PLN Batam diresmikan pada Kamis (22/11/2012). Dengan masuknya 3 unit PLTMG akan meningkatkan ketersediaan daya listrik di Batam.


Proyek pembangunan PLTMG Panaran dikerjakan oleh Konsorsium PT Medco Power Indonesia, PT Dalle Engineering Construction dan PT Top Deal International dengan nilai kontrak sebesar Rp179,8 Miliar.

Proyek pembangunannya dikerjakan pada 10 Oktober 2011, dan pemancangan pondasi engine pertama dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2012 setelah melalui tahap engineering dan procurement.

"Proyek ini sebagai salah satu strategib bagi bright PLN Batam untuk memperkuat pembangkit milik sendiri disamping untuk menurunkan biaya pokok produksi tenaga listrik dan bagian pembangunan pembangkit yang berkelanjutan dalam kurun waktu 2011-2016 di sistem Batam," kata Direktur Utama bright PLN Batam, Dadan Kurniadipura dalam rilisnya.

Bersamaan, juga dilakukan peletakan batu pertama MEB Combine Cycle Power Plant (CCPP) dan Chiller si site Panaran yang terhubung langsung melalui video confrence ke ruang ballroom tempat berlangsungnya pemeran kelistrikan Indonesia 2012.

"Dengan masuknya 3 unit PLTNG dan dimulainya pembangunan proyek CCPP dan Chiller MEB, ketersediaan daya listrik Batam dan sekitarnya bisa semakin meningkat sehingga kontinuitas pasokan energi listrik ke pelanggan menjadi lebih baik dan andal. Sehingga dapat menarik investor dalam dan luar negeri ke Batam," katanya.