Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kawasan Industri di Kabil Aman dan Kondusif
Oleh : ali/dd
Rabu | 21-11-2012 | 11:48 WIB

BATAM, batamtoday - Sejumlah perusahaan di kawasan Kecamatan Nongsa, seperti Kawasan Industri Dragon, Taiwan, Industri Kabil dan galangan kapal tetap beroperasi seperti biasa. Namun demikian, pihak keamanan Polri dan TNI tetap disiagakan.


Pantauan di lapangan, tiap pintu kawasan industri di wilayah ini dijaga oleh sekuriti yang diback-up oleh Polri dan TNI tanpa menggunakan barikade kawat berduri seperti Kawasan Industri Tunas dan Citra Buana II, Batam Center.

Pihak keamanan menyebutkan, hingga sekitar pukul 11.00 wib, situasi di kawasan tersebut masih aman dan kondusif.

"Kami menjaga terjadinya aksi sweeping, karena aksi tersebut tidak dibenarkan," ujar seorang anggota Polri yang berjaga, Rabu (21/11/2012).

Seperti diberitakan, ribuan buruh memadati halaman Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) Batam mengawal jalannya pembahasan KHL untuk UMK Batam 2013, Rabu (21/11/2012).

Pantauan batamtoday, ribuan massa buruh ini datang dari berbagai kawasan industri di Batam, antara lain Mukakuning, Tanjung Uncang, Kabil dan Batu Ampar.

Mengantisipasi hal yang tak diinginkan, aparat kepolisian Polresta Barelang terpaksa menutup jalur lambat di depan Kanpora dan dialihkan ke Jalan Jenderal Sudirman agar jalan tak macet.

Tiga serikat buruh di Batam menuntut penetapan UMK tahun 2013 harus sama dengan angka Kebutuhan Hidup Layak (KHL). 

Terdapat tiga versi angka KHL untuk 2013. Pertama, versi pengusaha ditetapkan sebesar Rp 1,7 juta. Kedua, versi Dewan Pengupahan Kota sebesar Rp 1,9 juta dan terakhir versi regresi yang besarannya Rp 2,1 juta