Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh Mukakuning Turun Kawal Pembahasan UMK
Oleh : kli/dd
Rabu | 21-11-2012 | 09:56 WIB
kawal-pembahasan-umk.jpg Honda-Batam
Buruh Mukakuning terlihat turun untuk mengawal pembahasan UMK di Kanpora Batam

BATAM, batamtoday - Ribuan buruh dari lokasi industri Mukakuning turun untuk mengawan pembahasan UMK 2013. Pergerakan buruh dilakukan secara bertahap, Rabu (21/11/2012) siang.


Buruh yang turun tahap I yakni pekerja yang masuk shif malam. Selanjutnya disusul buruh yang masuk shif pagi dan shif sore. Namun, pagi ini sudah turun ke jalan yaitu buruh yang masuk shif malam.

Pantauan batamtoday dari lokasi Mukakuning, ribuan buruh bergerak menuju gedung olahraga tempat pembahasan UMK antara Dewan Pengupahan Kota (DPK), Apindo dan Pemerintah kota Batam.

"Pergerakan ini dilakukan secara bertahap. Pagi ini buruh yang masuk shif malam, dan akan disusul oleh buruh yang masuk shif lainnya,"kata salah seorang buruh dalam rombongan kedua menuju gedung olahraga.

Memang, karena jadwal pembahasan UMK direncanakan mulai pada pukul 09.00 WIB, sebagian buruh berkumpul di lokasi Lapangan Tumenggung. Dan sebagian lagi sudah bergerak menuju gedung olahraga.

Sampai dengan saat ini, aksi buruh mengawal pembahasan UMK ini masih berlangsung damai. Tak ada orasi maupun kericuhan yang terjadi.