Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lego Jangkar, Kapal Tanker Tenggelam di Dapur 12
Oleh : kli/dd
Senin | 19-11-2012 | 13:14 WIB

BATAM, batamtoday - Satu unit kapal tanker, Sytemino Perdana tenggelam di perairan Dapur 12, Sagulung saat lego jangkar.


Menurut warga, kapal tanker itu sudah beberapa hari lego jangkar di perairan Dapur 12 Sagulung dekat Pulau Mangkada Belakang. Kapal yang tak menggunakan bendera ini disebut akan menjalani perbaikan di PT Ventura. Namun, karena dermaga di galangan kapal itu penuh, sehingga kapal itu dilego jangkar di perairan lokasi tangkapan ikan nelayan.

"Hampir seminggu sudah lego jangkar dekat Pulau Mengkada Belakang. Katanya mau ke PT Fentura perbaikan, tapi sampai kapal itu tenggelam tak ada pihak yang mau bertanggungjawab," papar Kasmin, nelayan Dapur 12, Sagulung, Senin (19/11/2012).

Ditambahkannya, akibat tenggelamnya kapal tanker Sytimindo Perdana, laut tempat nelayan menangkap ikan tercemar limbah. Sekitar 70 persen bodi kapal tergenang air laut, dan cairan hitam pekat yang menyerupai oli keluar dari kapal tersebut.

Cemaran limbah ili yang berasal dari kapal tengker itu juga membuat ikan-ikan semakin menjauh. Tangkapan ikan nelayan berkurang, bahkan kosong akibat cemaran limbah itu.

Nelayan di daerah Dapur 12, Sagulung meminta pemilik kapal maupun PT Ventura untuk bertanggungjawab. Selain itu, mereka juga meminta pihak pemerintah agar melakukan pengawasan yang lebih ketat terkait lego jangkar kapal di daerah Dapur 12, Sagulung.

"Pemilik maupun PT Ventura harus bertanggungjawab. Nelayan harus diberi dana ganti rugi," tegas, Zainal nelayan lainnya.