Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

82 Peserta Ikuti Sumatera Expo di Batam
Oleh : hz/dd
Minggu | 18-11-2012 | 14:13 WIB
sumex.jpg Honda-Batam
Sumatera Expo kembali digelar dan diikuti 82 peserta.

BATAM, batamtoday - Sebanyak 82 perwakilan dari Kabupaten / Kota di Indonesia akan meramaikan pameran The 8th International Sumatera Indonesia Expo (SIE) 2012 yang akan diselenggarakan di Mega Mall Batam Centre, 23 s/d 26 November 2012 mendatang.


Berbeda dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya, SIE 2012 dilaksanakan bergiliran di tiga kota besar di Asean, yakni pelaksaan pertama diadakan di Johor Baru, Malaysia pada 25-28 Mei 2012, dan kedua dilaksanakan di Bangkok, Thailand pada tanggal 25-28 Oktober 2012.

"Batam ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan pameran yang ketiga di tahun 2012 ini," kata Direktur PT Sumatera Promotion Centre, Andi M Lutfi kepada batamtoday, Sabtu (17/11/2012).

Nantinya, ada bermacam tampilan produk-produk unggulan dan inovatif, komoditi-komoditi ekspor, destinasi wisata serta potensi dari berbagai daerah di tanah air.

Selain itu, guna meningkatkan kecintaan kepada masing-masing daerah akan ada pula ditampilkan berbagai pertunjukan kesenian daerah yang unik dan eksotis dari Sumatera Barat, Bangka, Kalimantan Timur, Lampung dan Kalimantan Tengah.

"Kesenian Baralek Gadang dari Sumatera Barat adalah salah satu kesenian yang akan kita suguhkan kepada pengunjung. Ini dilaksanakan mengingan banyak orang minang yang tinggal di Batam," terangnya.

Sesuai dengan tema dasarnya yaitu "Approaching Asean Economic Communities 2015" maka dalam rangkaian SIE 2012 di Kota Batam ini akan ada pula Business Presentation yang akan disajikan Dirjen Kerjasama Asean Deplu RI serta beberapa praktisi bisnis dari Thailand, Vietnam, Malaysia dan Singapura.

Dengan memperhatikan meningkatnya permintaan produk-produk Indonesia dan Asean dari wilayah Afrika, maka dalam SIE Business Presentation di Batam ini akan tampil pula Direktur Afrika, Deplu RI yang akan menjelaskan peluang bisnis dan potensi hubungan ekonomi Indonesia dengan 47 negara Afrika.

The 8th International Sumatera Indonesia Expo 2012 ini rencananya akan dibuka langsung oleh Gubernur Kepri dan dihadiri oleh perwakilan Kemenlu RI. Pemeran ini terbuka untuk umum dan akan diramaikan pula dengan 25 slot acara hiburan seperti stand-up comedy, drama theater, live music, simpoaship dan fashion show.

"Kami berharap acara ini akan lebih sukses dari tahun sebelumnya, sebab menurut rencana tahun depan acara serupa akan kita gelar di Ho Ci Minh (Vietnam) dan Yangon (Myanmar)," pungkasnya.