Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Libur Tahun Baru Hijriah

Penumpang Tujuan Singapura dan Malaysia Membludak
Oleh : hz/dd
Sabtu | 17-11-2012 | 13:34 WIB
Pelabuhan-Batam-Center.jpg Honda-Batam
Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre.

BATAM, batamtoday - Cuti bersama Tahun Baru Hijriah 1434 H dan akhir pekan selama tiga hari dimanfaatkan warga Batam untuk mengisi liburan ke negeri tetangga Singapura dan Malaysia yang berangkat melalui Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre. 


Berdasarkan data yang dihimpun batamtoday dari Kepala Unit Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Pelabuhan Batam Centre, Irwanto, jumlah arus penumpang yang berangkat mencapai angka 10 ribu penumpang pada Jumat kemarin (16/11/2012) dan 6 ribu penumpang untuk hari ini, Sabtu (17/11/2012). 

Membludaknya jumlah penumpang dari Batam menuju Singapura dan Malaysia, begitu juga sebaliknya sampai-sampai membuat pengelola untuk menambah jumlah pelayaran (ekstra trip) guna melayani jumlah penumpang yang meningkat drastis ini. 

Namun puncak membludaknya jumlah penumpang akan terjadi pada Minggu besok (18/11/2012) dimana para penumpang itu akan kembali ke negara masing-masing usai mengisi liburan selama tiga hari. 

"Besok wisatawan Singapura dan Malaysia pulang ke negara mereka usai berlibur tiga hari di sini. Begitu juga sebaliknya dengan warga kita yang berlibur di sana," terangnya.

Pantauan batamtoday, tampak penumpukan jumlah kendaraan yang parkir inap di parkiran pelabuhan. Selain penumpang yang menggunakan kendaraan pribadi, bus-bus pariwisata tampak berjubel dan mengantri untuk dapat masuk ke kawasan pelabuhan. 

"Kalau libur seperti ini banyak penumpang yang pergi rombongan melalui paket wisata dari pihak travel. Lihat saja besok arus pulang pasti lebih ramai lagi," pungkasnya.