Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harta Benda Pemilik Ruko Hangus

Ruko di Perumahan Citra Laguna Dilalap Api
Oleh : kli/dd
Rabu | 14-11-2012 | 19:32 WIB
ruko-terbakar-di-laguna-1.jpg Honda-Batam
Ruko di Perumahan Citra Laguna Blok A2, Batuaji yang dilalap si jago merah. Terlihat asap masih mengepul

BATAM, batamtoday - Api yang melalap satu unit ruko di Perumahan Citra Laguna Blok A2, Batuaji, sekitar pukul 16.00 WIB pada Rabu (14/11/2012) sore tadi, berhasil dijinakan pemadam kebakaran. Namun, harta benda pemilik ruko di lantai dua hangus terbakar.


Dugaan sementara penyebab kebakaran yang menimpa ruko milik Abas ini, diakibatkan hubungan arus pendek (korsleting) arus listik PLN.

Abas beserta keluarga yang selamat dari amukan si jago merah, harus merelakan harta benda berupa uang, dokumen penting dan barang-barang lainnya yang ditaruh di lantai dua. Sementara di lantai satu, yang dijadikan tempat usaha warung nasi, luput dari jilatan si jago merah.

Joni, salah satu warga di lokasi kejadian, mengatakan, peristiwa itu pertama sekali diketahui sekitar pukul 16.00 WIB. Asap yang mengepul dari lantai dua tiba-tiba membuat geger warga sekitar dan pemilik ruko.

Pemilik dan warga sekitar tak mampu berbuat banyak lantaran api di lantai dua sudah sempat membesar. Kobaran api berhasil dipadamkan setelah enam unit mobil Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) milik Pemko dan BP Batam turun ke lokasi.

"Untung pos pemadam dekat dan cepat ke lokasi. Kalau telat, semua ruko ini pasti hangus," kata Joni.

Pantauan di lokasi, lima dari belasan ruko di Blok A2 Perumahan Citra Laguna tampaknya sempat juga didekati jilatan lidah si jago merah. Hal itu terlihat dari jendela ke-lima ruko yang menghitam akibat kepulan asap. Petugas PBK yang melakukan pengecekan setelah menjinakkan kobaran api, juga memastikan hanya satu unit yang terbakar.

Kepala PBK Pemko Batam Azman, yang turun langsung ke lapangan terlihat tanpa kenal lelah melakukan pemadaman. Dia juga langsung memanjat ke atas kanopi ruko dan memecahka kaca jendela untuk jalur memadamkan api.

Belakangan diketahui, Azman juga memiliki dua unit ruko yang dijadikan mini market bersebelahan dengan ruko yang terbakar. Bahkan informasinya, ruko yang terbakar juga merupakan milik Azman yang disewakan kepada Abas.

Hingga berita ini diunggah, baik Abas maupun Azman belum bisa dikonfirmasi terkait musibah kebakaran tersebut, karena kondisinya masih belum normal dan korban masih terlihat shock.