Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kendaraan Dinas Pemkab Anambas Dirazia
Oleh : em/dd
Rabu | 14-11-2012 | 16:31 WIB

ANAMBAS, batamtoday - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Kabag Umum bekerjasama dengan Dinas Perhubungan dan Satpol PP merazia seluruh keendaraan dinas di Tarempa, Rabu(14/11/2012).


"Sebelum melakukan razia ini, kita telah surati terlebih dahulu kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Setelah surat pemberitahuan kita kirimkan baru kita lakukan penertiban," ujar Kepala Bagian Umum Pemkab Anambas, Alfian, Rabu (14/11/2012).

Alfian menambahkan, selama ini sudah banyak pengaduan masyarakat diterima oleh pihaknya. Untuk menindaklanjutinya maka diambil langkah untuk menertibkan seluruh kendaraan dinas karena laporan masyarakat jika kendaraan dinas dipakai oleh orang lain tapi bukan untuk kepentingan dinas.

"Masyarakat banyak melaporkan jika kendaraan dinas khusunya roda dua banyak digunakan untuk keperluan lain bukan untuk kepentingan dinas dan hal ini langsung kita tindaklanjuti. Kita langsung meminta izin kepada pimpinan untuk melakukan penertiban dan disetujui makanya langsung kita implementasikan di lapangan," katanya.

Kendaraan dinas yang berhasil dijaring, kata Alfian akan dilakukan pendataan dan bagi keendaraan yang dipakai oleh orang lain langsung dibawa ke sekretariat.

"Keendaraan dinas pada umumnya motor dipakai oleh orang lain langsung kita amankan dan akan didata sejauh mana pelanggaran yang dilakukan," katanya.

Kepada pengendara yang melanggar aturan akan diberikan surat peringatan dan motor yang dijaring diberikan stiker. Bagi keendaraan dinas juga diminta agar memasang kelengkapan keendaraan, seperti kaca spion terutama plat nomor.

"Selama ini banyak kendaraan dinas yang tidak memakai plat nomor, nanti akan kita kroscek kalau sengaja akan ada tindakan tegas. Tindakan yang diambil untuk saat ini masih sebatas teguran dan razia ini akan dilakukan secara rutin jika masih ditemukan pelanggaran maka tindakan yang diambil lebih berat bisa sampai penarikan kendaraan dan kita alihkan kepada orang lain," katanya.