Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masyarakat Karas Dapat Bantuan Bahan Bangunan untuk RTLH
Oleh : irw/dd
Rabu | 14-11-2012 | 13:13 WIB
bantuan-karas.gif Honda-Batam
Rudi menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Lurah Karas.

BATAM, batamtoday - Pemko Batam memberikan bantuan bahan bangunan kepada lima belas masyarakat Pulau Karas, Kecamatan Galang yang menetap di Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Penyerahan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Walikota Batam, Rudi, pada Selasa (13/11/2012) sore sekitar pukul 17.15 WIB 


Dalam sambutannya, Rudi menyampaikan, Pemko Batam akan terus menganggarkan dana untuk memperbaiki kualitas rumah masyarakat Kota Batam yang masuk dalam kategori tidak layak huni lagi. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kenyamanan masyarakat kota Batam.

"Kalau ada yang rumahnya belum diperbaiki, segera laporkan ke Pak Lurah, Agar bisa kita bangun di tahun 2013," kata Rudi.
 
Selain itu, Pemko Batam juga memberikan bantuan berupa delapan buku nikah dan 64 lembar Kartu Tanda Penduduk (KTP) "Kalau masih ada juga yang belum punya buku nikah dan KTP, laporkan juga kepada Pak Lurah. Biar semuanya kita proses," pungkasnya.

Sementara itu, Lurah Pulau Karas, UT Rambe mengatakan, selain mendapatkan bantuan dari Pemko Batam, kelurahannya juga mendapatkan saluran dana dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera). 

"Selain dari Pemko kita juga dapat dari Kemenpera untuk 68 rumah. Semua bantuannya dalam bentuk bahan. Tidak ada dalam bentuk uang," jelasnya.

UT Rambe menjelaskan, bantuan dalam bentuk bahan bangunan itu bernilai Rp 15 hingga Rp 18 juta. Ia merinci bahan bangunan senilai Rp 15 juta diberikan kepada masyarakat yang menetap di daratan. Sementara Rp 18 juta, lanjutnya diberikan kepada masyarakat yang tinggal di laut. 

"Dengan adanya program pemerintah ini, kami sangat terbantu. Awalnya disini itu ada sekitar 300 rumah tidak layak huni. Alhamdulillah sekarang sudah mulai berkurang. Pada 2011 kemarin, kita mendapatkan bantuan untuk sebelas unit rumah. Pelan-pelan kita terus berusaha agar setiap tahun ada yang diberikan bantuan," pungkasnya