Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bakesbangpol Anambas Sosialisasikan Penanggulangan Bencana
Oleh : em/dd
Selasa | 13-11-2012 | 16:06 WIB
anambas-sosialisasi-bencana.gif Honda-Batam
Narasumber dari Bakesbang Provinsi Kepri Afrizal menyampaikan materi.

ANAMBAS, batamtoday - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas sosialisasikan tata cara menanggulangi jika terjadi bencana kepada seluruh perwakilan kecamatan yang ada di Anambas, Selasa(13/11/2012) di Siantan Nur.


"Kita harus bisa cepat tanggap dalam menangani bencana secara dini. Dalam sosialisasi juga kita sampaikan tata cara pencegahan agar tidak terjadi bencana atau persiapan kalau ada bencana," kata Kepala Bakesbangpol dan penanggulangan bencana Pemkab Anambas, Baharuddin Thalib.

Baharuddin menambahkan, untuk pencegahan terjadi bencana dengan memberikan berbagai contoh kejadian yang selama ini dianggap sepele oleh masyarakat. Padahal dengan melakukan pencegahan maka semakin kecil terjadi bencana kecuali bencana alam yang tidak dapat diprediksi oleh manusia.

"Contohnya para nelayan tidak pernah kelaut menggunakan life jacket, jika terjadi kecelakaan tidak mungkin seseorang itu mampu bertahan lama dilaut walaupun pandai berenang. Selain itu di wilayah kita masyarakat banyak mendirikan rumah di tebing secara otomatis sebelum mendirikan bangunan maka tanah akan diratakan secara otomatis struktur tanah telah berubah dan suatu saat bisa terjadi longsor. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan pencegahan dengan menanam pohon misalnya," katanya.

Kepala Bakesbangpol juga menambahkan, untuk mewujudkan pencegahan akan tetap koordinasi dengan dinas terkait yang tergabung di dalam tim penanggulangan bencana daerah.

"Jika ada bencana kita tetap koordinasi dengan dinas lain yang terlibat seperti Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Satpol PP," katanya.

Namun dalam sosialisasi tersebut dirinya sangat menyayangkan beberapa dinas terkait tidak hadir. Pihaknya mengaku dalam perjalanan penanggulangan bencana daerah selama ini berjalan dengan baik.

"Tapi kami juga menyayangkan beberapa dinas tidak dapat hadir mungkin ada kegiatan lain, namun dalam melaksanakan tugas di lapangan selama ini komunikasi kita berjalan dengan baik seperti kejadian baru-baru ini kebakaran rumah, Satpol PP, Dinsos dan Dinas Kesehatan semuanya turut berperan," katanya.