Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinsos Batam Cukup Anggaran untuk Tangani Orang Gila
Oleh : ali/dd
Selasa | 13-11-2012 | 12:32 WIB
orgil_1.jpg Honda-Batam
Salah satu penderita gangguan jiwa yang ditampung di shelter Dinsos Batam.

BATAM, batamtoday - Kepala Dinas Sosial Kota Batam, Raja Kamaruzzaman mengatakan, untuk tahun 2012 ini instansinya memiliki anggaran cukup untuk dapat menangani sekitar 20 orang gila.


"Anggarannya untuk orang-orang seperti ini ada. Untuk tahun ini aja, mendapat anggaran penanganan untuk 20 orang," katanya tanpa mau menyebutkan nilai anggaran tersebut saat dihubungi wartawan, Selasa (13/11/2012).

Dia mengatakan Dinsos siap menangani permasalahan orang gila di Batam. Untuk teknisnya, penanganan orang gila yang berkeliaran di jalan, Dinsos menunggu laporan dari masyarakat.

"Masyarakat memberi laporan ke kita. Dan kalau masyarakat bisa mengantarkan ke kita, silahkan. Tapi kalau tidak bisa, akan kita jemput. Setelah itu, akan kita istirahatkan dulu dan akan kita bawa ke rumah sakit untuk memeriksa kondisinya. Kalau dari hasil pemeriksaan benar dinyatakan ada gangguan syaraf, maka akan kita kirim ke RS Jiwa Pekanbaru," kata Kamaruzzaman kembali.

Dalam pengiriman orang gila tersebut, menurutnya Dinsos Kota Batam memiliki kendala, diantaranya harus menunggu ruangan di RS Jiwa Pekanbaru tersedia.

"Susahnya karena RS Jiwa Pekanbaru penuh terus, makanya kita harus tunggu dulu. Kalau ada kamar yang kosong, baru akan kita kirim ke sana. Kalau belum bisa dikirim makan akan kita tampung dulu di shelter," ujar Kamaruzzaman.