Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kelangkaan BBM, Rudi Salahkan Sistem Distribusi Pertamina
Oleh : ron/dd
Selasa | 13-11-2012 | 11:18 WIB
antri-solar-tutup-jalan.gif Honda-Batam
Antrian BBM di salah satu SPBU di Batam.

BATAM, batamtoday - Wakil Wali Kota Batam, Rudi menyatakan terjadinya kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) yang menyebabkan antrian cukup panjang di sejumlah SPBU di Batam merupakan kesalahan PT Pertamina yang pola distribusinya masih buruk.


"Harusnya Pertamina buat sistem yang transparan dan jelas agar BBM tersalur ke SPBU sesuai dengan kuota yang sebenarnya," ujar Rudi kepada wartawan.

Rudi mengaku pernah mengajukan usulan kepada Pertamina agar membuat sistem penyaluran yang bisa dikontrol dengan sistem online dari komputer. Sebab kalau dikontrol secara manual tidak akan mampu untuk melakukan pengawasan.

"Kalau online, sekian liter yang masuk ke SPBU langsung ketahuan. Lalu setiap bulan dilakukan evaluasi. Kalau ada yang menyeleweng, akan langsung ketahuan dan bisa segera diselesaikan masalahnya," terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag dan ESDM) Kota Batam, Amsakar Ahmad juga mengaminkan pernyataan Rudi. Dia mengatakan berdasarkan hasil laporan petugas di lapangan, tidak ada pola penyaluran yang jelas dari Pertamina.

"Pola penyalurannya memang cenderung tidak transparan. Sehingga tidak diketahui jumlah BBM yang sampai di SPBU," ungkap Amsakar.

Amsakar juga berharap kepada masyarakat, apabila mengetahui adanya indikasi penyelewengan BBM agar segera melaporkannya ke Disperindag Batam.

"Kalau ada laporan penyelewengan, akan kami tindaklanjuti," ujarnya.