Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tuntut Upah Layak

Puluhan Buruh TKBM Pelabuhan Sripayung Tanjungpinang Mogok
Oleh : ah/dd
Selasa | 13-11-2012 | 09:56 WIB
demo-buruh-pelabuhan-tpi-1.jpg Honda-Batam
Puluhan buruh TKBM Pelauhan Sripayung Tanjungpinang yang melakukan aksi mogok

TANJUNGPINANG, batamtoday - Puluhan buruh TKBM (tenaga kerja bongkar muat) di Pelauhan Sripayung Tanjungpinang melakukan aksi mogok menuntut upah layak dan kesejahteraan, Selasa (13/11/2012) pagi.


Melalui aksi mogok yang dilakukan di lokasi Pelauhan Sripayung Tanjungpinang, puluhan buruh ini menuntut adanya kenaikan upah yang sesuai dengan setandar kebutuhan layak.

Menurut Tobing, salah satu buruh yang melakukan aksi mogok, hingga saat ini buruh bongkar muat di pelabuhan tersebut tidak memenuhi standar upah minimum Kota Tanjungpinang.

"Dari tahun 2008 hingga saat ini, buruh tidak mengalami kenaikan upah kami. Sudah beberapa kali UMK naik, namun upah buruh di sini tak pernak naik," ungkapnya.

Dari pengakuan Tobing, upah bongkar muat yang mereka dapat dengan menurunkan barang dari lori ke gudang adalah sebesar Rp23.700/ lori. Upah per lori-nya itu yang mereka nilai tidak layak lagi untuk saat ini.

Aksi mogok puluhan buruh TKBM (tenaga kerja bongkar muat) di Pelauhan Sripayung Tanjungpinang ini mendapat pengawalan dari sejumlah anggota Polisi.