Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hasil Tes Penerimaan CPNS Anambas Diumumkan Kamis Depan
Oleh : em/dd
Selasa | 13-11-2012 | 07:57 WIB

ANAMBAS, batamtoday - Sejumlah peserta Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Kabupaten Anambas saat ini masih mengikuti rangkaian tes wawancara. Rencananya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas akan mengumumkan hasil kelulusan tes CPNSD tahun 2012 ini pada Kamis (15/11/2012) depan. 


"Rencana kita, hasil final kelulusan tes CPNSD Anambas ini akan kita umumkan pada 15-16 November mendatang," kata PPTK Penerimaan CPNS Anambas 2012, Khirul Anwar kepada wartawan, Senin (11/11/2012).

Khirul menambahkan, selama ini seluruh tahapan tes berjalan dengan baik, namun satu orang peserta sudah dinyatakan gugur karena tidak mengikuti tes. Sebelumnya, pihak panitia sudah memberitahukan agar peserta berada di Anambas selama tes berlangsung.

"Satu orang dinyatakan gugur karena tidak hadir saat tes berlangsung. Informasi yang kita terima, yang bersangkutan tidak bisa hadir karena maskapai yang ditumpanginya batal terbang ke Anambas, karena cuaca buruk. Kita sudah informasikan kepada seluruh peserta agar berada di Anambas selama tes berlangsung. Oleh sebab itu, siapa yang tidak hadir kita anggap gugur," paparnya.

Hingga saat ini, lanjutnya, masih ada sebanyak 48 orang peserta yang sedang menjalani tes wawancara, sebagian besar di antara merupakan sarjana ekomomi (SE). Sedangkan untuk jurusan teknik dan formasi guru dan yang lainnya sudah selesai menjalani tes.

Untuk tutornya sendiri, didatangkan langsung dari kementerian dan para dosen sesuai bidangnya masing-masing. Satu orang peserta, akan menjalani tes lebih kurang selama 30 menit sampai sejam. Mereka menjalani tes satu persatu sesuai bidang yang dilamar.

"Pelaksanaan tes kita mulai dari pukul 08.00 sampai 15.00 WIB. Bagi mereka sarjana pertanian dan peternakan, tes mereka tertulis. Sedangkan untuk pemandu wisata, langsung menggunakan bahasa Inggris. Sedangkan bagi jurusan ekonomi dan sebagainya, wawancara," jelas Khirul lagi.

Dalam Tes Kompetensi Bidang (TKB), kata Anwar, diikuti sebanyak 167 orang yang dimulai pada 31 Oktober silam. Mulai dari tes tertulis, tes psikologi lanjutan dan tes wawancara. Di tengah perlajanan, terdapat tiga orang yang dinyatakan gugur 2, tidak melakukan daftar ulang 1 dan 1 peserta lagi tidak mengikuti tahapan tes.

Sedangkan untuk menentukan hasil kelulusan sendiri, tambah Khirul Anwar, jumlah nilai Tes Kompetensi Dasar (TKD) ditambah dengan jumlah nilai Tes Kompetensi Bidang (TKB). Peserta yang dinyatakan lulus nanti merupakan peserta yang medapatkan nilai paling tinggi.

"Kekulusan berdasarkan rangking tertinggi dan kita jamin tidak ada kecurangan dalam TKB maupun dalam penerimaan CPNSD Anambas tahun 2012 ini. Sebab, panitia di sini hanya sebagai penyelanggara sementara pelaksana langsung dari pusat," katanya.