Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Marie Harapkan Peningkatan Lama Tinggal dan Belanja Wisatawan Asing
Oleh : hrj/dd
Sabtu | 10-11-2012 | 15:57 WIB
Mari-Pengestu-Menteri-Pariw.gif Honda-Batam
Marie Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Bupati Bintan, Ansar Ahmad usai membuka iven Tour de Bintan.

TANJUNGUBAN, batamtoday - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Marie Elka Pangestu menyatakan, kualitas wisatawan, khususnya asing, dapat diukur dari lama tinggal dan berapa besar uang yang dibelanjakan di sebuah daerah wisata.


Marie menjelaskan, pada 2011, lama tinggal wisatawan asing mencapai 7,84 hari dengan pengeluaran belanja per kedatangan mencapai USD 1.118. Dia mengharapkan pada tahun 2012 ini mengalami peningkatan.

"Pada tahun 2012, target jumlah wisatawan 8 juta orang atau naik 5% dari tahun sebelumnya," kata Marie saat membuka Tour de Bintan di Lagoi, Sabtu (10/11/2012).

Dimana tambahnya, kunjangan wisatawan tersebut 22% masuk Indonesia melalui Kepri dengan urutan lima pasar uatama diantarnaya, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Eropa dan India.

Terkait Tour de Bintan, Pulau Bintan menjadi tempat yang sangat cocok bagi penyelenggaraan sebuah iven balap sepeda internasional karena memiliki ragam kekayaan alam dan budaya. " Bintan memiliki potensi alam seperti, laut, pantai dan gunung sehingga dapat memanjakan para peserta balap sepeda dan penonton," imbuhnya. 

Selain itu, melalui penyelenggaraan ini diharapkan akan memberikan imbas bagi upaya pemantapan dan pembenahan infrastuktur jalan raya yang pada akhirnya memberikan dampak positif bagi perekonomian Bintan.