Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kecamatan di Batam Optimis Rampungkan Rekam Data e-KTP
Oleh : ali/dd
Sabtu | 10-11-2012 | 12:19 WIB

BATAM, batamtoday - Kecamatan di Batam menyambut baik perpanjangan waktu perekaman data Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri. Mereka optimis jika perekaman data e-KTP selesai sebelum akhir 2012.


"Jika sampai tanggal 31 Desember 2012 nanti, kita optimis perekaman e-KTP untuk wilayah Kecamatan Batam Kota bisa selesai," jelas Syaiful Bahri, Camat Batam Kota, Sabtu (9/11/2012).

Menurutnya, saat ini perekaman e-KTP di Kecamatan Batam Kota telah
mencapai 80 persen dari jumlah 87.625 jiwa yang wajib e-KTP. Tambahnya, pihaknya tidak mengetahui apa penyebab sebanyak 20 persen warga wajib e-KTP yang belum melakukan perekaman.

Untuk menjalankan program perekaman e-KTP, pihaknya sudah bekerja hingga larut malam. Bahkan Pemerintah Kota Batam telah mempermudah untuk warga Batam yang tidak sempat perekaman di kecamatan dapat merekam di berbagai Mall yang ditunjuk.

"Untuk itu, kita akan mulai melakukan pendataan dari tingkat RT dan RW. Sehingga kita mengetahui permasalahan masyarakat yang sebenarnya. Jika permasalahannya perubahan data KTP, kita akan bantu sebisa mungkin di kecamatan, jika harus di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), akan kita arahkan dengan bantuan Kecamatan," terang Syaiful.

Menurutnnya, salah satu permasalah ini, juga dikarenakan faktor banyaknya warga yang enggan melakukan perekaman e-KTP terkait perbaikan data di Disdukcapil, Sekupang. Selain lokasinya jauh untuk dijangkau, prosesnya  berbelit-belit.

"Kalau itu alasannya, kita bantu, agar perekaman e-KTP ini cepat selesai. Kalau bisa sebelum jadwal terankhir 31 Desember 2012 nanti," tuturnya.

Senada dengan Kecamatan Batam Kota, Kecamatan Nongsa juga mengaku optmis perekaman e-KTP di wilayahnya selesai hingga akhir Desember 2012 nanti. Meskipun untuk di Nongsa baru selesai perekaman sebanyak 74 persen dari 36.404 penduduk yang wajib KTP atau sekitar 26.917 jiwa yang telah melakukan perekaman.

"Saya juga berharap tidak hanya dari kecamatan yang optimis perekaman e-KTP ini, juka masyarakat tidak antusias maka kerja kita hingga larut malam tidak akan selesai pada waktu perpanjangan yang ditentukan. Jika masyarakat antusias untuk melakukan perekaman e-KTP saya rasa dapat selesai sebelum 31 Desember nanti," kata Jhon Hendri, Camat Nongsa.