Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

8 Kontainer Sayuran dan Buah Masih Disegel BC Batam
Oleh : hz/dd
Selasa | 06-11-2012 | 17:24 WIB
segel_BC.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Kabid Bidang Kepatuhan, Layanan dan Informasi (BKLI) Kantor Pelayanan Umum (KPU)  Bea dan Cukai Klas II A Batam, Susila Brata, menegaskan hingga kini delapan kontainer buah dan sayuran yang dimiliki tiga importir yaitu PT Oscar Karunia Gemilang, Sumber sarana dan PT Interfruits masih disegel dan masih belum bisa keluar atau diedarkan ke pasaran.


"Semua kontainer masih disegel, enam kontainer sayur dan buah milik PT Oscar Karunia Gemilang dan PT Sumber Sarana masih disegel, namun sudah keluar dari pelabuhan dan dipindahkan ke gudang importir. Sementara dua kontainer sayur dan buah milik PT Interfruits belum keluar dari pelabuhan, tapi tak kami segel. Sebab, ,masih dalam pelabuhan," ujar Susila Brata kepada batamtoday, Selasa (6/11/2012).

Disinggung batamtoday mengapa hanya enam kontainer yang dipindahkan ke gudang importir, bukan semuanya? Susila menerangkan, enam kontainer itu diizinkan pindah ke gudang importir karena gudang di pelabuhan Batuampar, alat untuk menyambungkan ke pendingin yang ada di kontainer (refrigerator) sangat terbatas, dan pemindahan itu atas permintaan importir sendiri dan pertimbangannya akan busuk nantinya kalau tak dipasang alat pendingin.

Sementara itu, dua kontainer yang masih di pelabuhan dan tak di segel itu tak ikut dipindahkan ke gudang importir karena tak ada permintaan dari importirnya sendiri.

Susila menambahkan, penyegelan itu bukan lantaran barang bermasalah, tetapi karena belum diperiksa masalah kesehatannya oleh balai karantina, maka barang wajib diamankan tak boleh beredar dulu di masyarakat.

"Penyegelan ini demi kesehatan juga nantinya. Coba kalau tanpa pemeriksaan kesehatan dari balai karantina, barang itu langsung diedarkan di pasaran, kalau ada apa-apa yang dirugikan kan masyarakat juga," tegasnya.

Sampai kapan delapan kontainer sayur dan buah itu bisa dilepas segelnya dan boleh diedarkan ke pasaran? Susila mengatakan, kalau surat pemeriksaan kesehatan dari Balai Karantina sudah turun, otomatis delapan kontainer sayur dan buah itu boleh beredar di pasaran dan segelnya akan dilepas.