Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembangunan Jembatan Anculai Terkendala Cuaca dan Peralatan
Oleh : hrj/dd
Selasa | 06-11-2012 | 16:06 WIB
Jembatan-Anculai-Selesai-20.gif Honda-Batam
Proyek pembangunan Jembatan Anculai.

TANJUNGUBAN, batamtoday - Pembangunan Jembatan Anculai di Jalan Lintas Barat Bintan terkendala cuaca dan peralatan. Padahal, jembatan tersebut ditargetkan selesai pada akhir 2013 mendatang.


"Pembangunan jembatan ini akan selesai pada 2013. Ini lebih lambat dari jembatan Kangboy, karena pengerjaan Jembatan Kangboy dengan panjang 390 meter sudah pindah tangan dari PT Hutama Karya ke PT SCM, sedangkan Jembatan Anculai ini belakangan pembangunannya," kata Luhut, yang baru 6 bulan ditempatkan menjadi pimpinan lapangan pembangunan Jembatan Anculai, Selasa (6/11/2012).

Dia menyampaikan adanya kendala seperti musim hujan yang curahnya cukup tinggi, sehingga berkali-kali pengerjaan sempat terganggu. Juga kurangnya sarana transportasi untuk mobilitas pekerja di sungai, karena ketiadaan pokcai, maupun sarana pengerjaan mekanisasi yang kurang lengkap dibandingkan pengerjaan Kangboy.

"Kalau dari sarana prasarana penunjang pengerjaan bisa dibilang kurang. Seperti mobilitas pekerja dan tukang di sungai terganggu, karena saat ini tidak ada pokcai. Ditambah peralatan mekanisasi yang terbatas juga menjadi hambatan. Apalagi selama saya disini, sering terkendala oleh hujan yang turunnya lebat sepanjang hari dalam dua bulan terakhir ini," ujar Luhut.

Luhut menambahkan dari Jembatan Anculai menuju Jembatan Ekang jauhnya sekitar 1 kilometer, sebagian sudah diaspal, namun sebagiannnya belum diaspal.

Amir, warga Kampung Tanjungpisau, Desa Penaga, mengatakan, ia sangat berharap jembatan Anculai segera selesai dibangun, supaya akses jalan menuju Kampung Bintan Bekapur, Desa Sri Bintan tidak harus memutar melalui Simpang Lagoi.

"Kalau sekarang, mau ke Bintan Bekapur saja harus memutar dulu, melalui Simpang Lagoi, menempuh jarak sekitar 12 kilometer. Padahal kalau jembatan sudah jadi hanya sekitar 4 kilometer," kata Amir.

Walaupun berharap cepat selesai dibangun, namun mengenai kualitas jembatan, dia menginginkan konstruksi yang kokoh, agar tidak cepat rusak apalagi roboh.

Jembatan Anculai, merupakan jembatan keempat di Jalan Lintas Barat sepanjang panjang 370 meter, yang pembangunannya dilaksanakan oleh PT Adhi Karya, dengan konsultan PT Herda Carter Indonesia, dengan dana APBN tahun 2011-2013, dengan dana Rp 64,7 miliar, masa pengerjaan 750 hari diharapkan selesai akhir tahun 2013.