Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bakorkamla Serahkan 65 Life Jacket untuk Nelayan Teluk Mata Ikan
Oleh : ali/dd
Selasa | 06-11-2012 | 12:18 WIB
life-jacket.gif Honda-Batam
Warga dan staf Bakorkamla berfoto bersama usai penyerahan bantuan life jacket,

BATAM, batamtoday - Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) membagikan sebanyak 65 life jacket kepada masayarakat nelayan Kampung Tua Teluk Mata Ikan, di gedung MRCC dan GS (Ground Station) Bakorkamla Teluk Mata Ikan, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Selasa (6/11/2012).


Penyerahan secara simbolis diserahkan langsung kepada empat nelayan setempat oleh Brigjen Pol. (Purn.) drs E.H Alagan, Konsultan Bidang Bimbingan Personil RCC (Regional Coordinating Center) MRCC dan GS (Ground Station) Bakorkamla Batam.

Tujuan penyerahan bantuan life jacket ini untuk meminimalisir munculnya korban jiwa dalam kecelakaan laut yang dimungkinkan terjadi.

"Tolong bapak ibu juga meneruskan kepada anak cucu kita, tidak hanya sebagai nelayan tapi banyak juga berbagai profesi bekerja di laut nantinya," ujarnya.

Kepada warga juga disampaikan bahwa telah berdiri Kantor Bakorkamla yang di dalamnya tersedia berbagai peralatan yang dapat bermanfaat bagi nelayan sekitar terutama alat pemantau cuaca.

"Sehingga jika ingin mengetahui kondisi cuaca silakan langsung datang meminta informasi kepada anggota kita yang bertugas di sini," terangnya.

Selain itu, juga tersedia peralatan pendukung mengecek kondsi laut, seperti peralatan AIC, alat yang berfungsi untuk mendeteksi adanya kapal apa yang sedang melintas, dan juga radar untuk mengetahui kondisi perairan setempat dalam radius tertentu

Bakorkamla menyediakan 100 life jacket, namun keseluruhan jumlah nelayan tetap dan nelayan musiman berjumlah 65 orang saja.