Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

10 Kelompok RTS di Lingga Dapat Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan
Oleh : jhr/dd
Senin | 05-11-2012 | 17:04 WIB
pelatihan_kerajinan.JPG Honda-Batam
Salah satu kelompok RTS Lingga sedang dilatih dalam pembuatan Kipas dan Souvenir.

LINGGA, batamtoday – Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Lingga memberikan pelatihan pembuatan kerajinan tangan kepada 10 kelompok Rumah Tangga Sasaran, hingga Rabu (7/11/2012) mendatang.


Kabid Koperasi Disperindagkop Lingga, Syahruddin mengatakan di dalam data statistik tahun 2008 menurut BPS rumah tangga miskin sekabupaten Lingga berjumlah sebanyak 6.810 terdiri dari Kecamatan Singkep sebanyak 1.165, Singkep Barat 711, kecamatan Lingga 1.454 dan Lingga Utara 1009 serta Kecamatan Senayang 2.471.

"Berangkat tingginya angka tingkat kemiskinan itulah kita,jadikan sasaran kegiatan kegiatan untuk di dua kecamatan yakni Singkep dan Singkep Barat, sedangkan tahun lalu kita sudah memfokuskan di 3 kecamatan yakni Kecamatan Lingga, Lingga Utara dan Kecamatan Senayang," ungkap Syahruddin, Senin (5/11/2012). 

Pelatihan ini sendiri diikuti oleh para RTS atau keluarga misjkin yang masuk ke dalam golongan usia produktif. Harapannya, mereka dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru, menunjang jiwa kewirusahaan, dan sekaligus mengentaskan kemiskinan dengan bekal yang mereka miliki berupa modal usia yang masih produktif dan keterampilan (skill).

"Sebab, hasil utama dari pelatihan ini baru dapat dirasakan dalam jangka menengah dan panjang, dengan berbekal ketekunan dan mampu menjaga kualitas produk nantinya," jelasnya.