Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemerintah Harus Segera Bangun Pasar di Serikuala Lobam
Oleh : hrj/dd
Senin | 05-11-2012 | 15:17 WIB
Kades-Teluksasah-SKL-Bintan-Erdis-Suhendri.jpg Honda-Batam
Erdis Suhendri, Kades Desa Teluksasah.

TANJUNGUBAN, batamtoday - Warga Kecamatan Serikuala Lobam, Kabupaten Bintan, khususnya Desa Teluksasah, Kelurahan Teluk Lobam dan Tanjungpermai, yang sudah sejak lama mengeluhkan keberadaan pasar yang hanya satu-satunya di Tanjunguban, mendesak pemerintah untuk segera membangaun pasar di wilayah mereka.


Berdasarkan jumlah penduduk yang ada di Desa Teluksasah, Kelurahan Teluk Lobam dan Tanjungpermai, yang sudah mencapai belasan ribu jiwa, sudah selayaknya memiliki pasar tempat para pedagang berintraksi, sehingga tidak perlu berbelanja terlalu jauh ke Pasar Baru Tanjunguban untuk kebutuhan seharai-hari.

Demikian disampaikan oleh S. Purba, salah seorang pedagang yang saat ini beraktifitas di Pasar Baru Tanjunguban. Melihat dari jumlah penduduk yang menjadi konsumen para pedagang, memang di Serikuala lobam sudah layak dibangun pasar oleh pemerintah.

"Selama ini, pedagang dan warga hanya terpaku di satu-satunya pasar, yaitu Pasar Baru," ujarnya.

Karena pasar hanya ada satu-satunya, jelas berdampak pada monopoli dalam usaha. Artinya, seberapa pun mahalanya harga kebutuhan yang dipatok oleh pedagang akan tetap dibeli oleh konsumen.

"Bagaimana tidak, yang ada hanya di satu tempat saja. Mau atau tidak karena tidak ada pilihan, warga akan tetap membelinya," imbuhnya.

Erdis Suhendri, Kades Desa Teluksasah, kepada batamtoday di Tanjunguban, Senin (5/11/2012), mengatakan, prihal permintaan warga untuk segera dibangun pasar di wilayah Desa Teluksasah, Kelurahan Teluk Lobam dan Tanjungpermai, akan segera disampaikan pada Pemkab Bintan.

"Yang jelas, kita sudah mendengar banyak masukan tersebut. Tinggal menyampaikan ke pemda, nanti akan kita sampaikan ke camat untuk diteruskan pemkab," katanya.

Sejauh ini, masyarakat hanya bergantung pada satu-satunya Pasar Baru yang berada di Tanjunguban. Memang sudah selayaknya,  selain mendekatkan kebutuhan dengan konsumen, juga agar ke depan jelas masyarakat juga ada pilihan dalam memenuhi kebutuhannya. 

"Kita akan usahakan. Bila memungkinkan, nanti keberadaan pasar sekaligus ada akses ke pelabuhan sebagai pintu masuk barang dagangan. Hal itu akan kita usulkan ke Pemkab," tambahnya.

Dengan adanya pasar wilayah tersebut, Kades Erdis menambahkan, jelas masyarakat akan terbantu dengan jarak tempuh, selain harga bisa bersaing. Artinya, masyarakat ada pilihan dalam memenuhi kebutuhannya, serta daerah ini akan lebih cepat berkembang.