Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Batam Lakukan Verifikasi Faktual di DPC Demokrat
Oleh : ron/dd
Jum'at | 02-11-2012 | 12:43 WIB

BATAM, batamtoday - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mulai melakukan verifikasi faktual di sejumlah partai dengan mendatangi masing-masing kantor sekretariat. Pada Jumat (2/11/2012) KPU memverifikasi empat parpol yakni Partai Demokrat, PKS, Partai Golkar dan PAN.


Abdul Rahman, Komisioner KPU Batam Pokja Verifikasi mengatakan verifikasi faktual merupakan lanjutan dari verifikasi dari KPU Pusat. KPU melakukan pengecekan kebenaran berkas langsung ke sekretariat. Verifikasi dilakukan selama empat hari untuk 16 parpol mulai hari ini, Sabtu, Senin dan Selasa. Dan saat didatangi pengurus KSB (Ketua, Sekretaris dan Bendahara) harus hadir.

"Yang diverifikasi adalah masalah SK kepengurusan, keberadaan sekretariat dan keterwakilan 30 Persen wanita dalam pengurus partai," ujar Rahman yang ditemui usai melakukan verifikasi DPC Partai Demokrat.

Partai-partai yang akan diverifikasi faktual adalah 16 partai yang telah lolos verifikasi pusat. Nantinya, KPU Pusat yang akan mengumumkan hasilnya pada Januari tahun depan.

"Hasil verifikasi faktual ini akan diserahkan ke KPU pusat. Untuk Demokrat sendiri, syaratnya sudah lengkap," lanjut Rahman.

Di tempat yang sama, Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Batam Rudi mengatakan bahwa pihak KPU datang untuk melihat kelengkapan partai sesuai dengan berkas yang diberikan sebelumnya.

"Saat ini persiapan partai sudah lengkap. Seperti  keterwakilan wanita. Kita lebih 30 persen yang menjadi pengurus. Apa yang diminta pusat dicek mereka, semua lengkap," ungkap Rudi.

Sedangkan untuk verifikasi 1.000 KTA anggota Partai, kata Rudi akan dilakukan minggu depan dan pihaknya sudah mempersiapkan semuanya.

"Yang jelas mulai dari anak ranting, anak cabang semua lengkap sesuai prosedur, 1.000 KTA juga sudah siap," katanya.