Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wow, Operasi Jantung Gunakan Lengan Robot
Oleh : M/Nationalgeographic
Senin | 29-10-2012 | 09:50 WIB
Lengan_RObot.jpg Honda-Batam
Ilustrasi: Lengan Robot

LONDON, batamtoday - Inggris mengikuti jejak Swedia dan Finlandia dengan menjadi negara ketiga yang melakukan operasi jantung dengan menggunakan tangan robot. Operasi perdana ini melibatkan pasien pertama yang bernama Natalie Jones di New Cross Hospital, Wolverhampton, Pekan lalu.


Dokter dari rumah sakit tersebut mengatakan bahwa operasi dengan robot lebih aman daripada operasi konvensional. Robot yang diberi nama "Da Vinci" ini dikontrol oleh dokter dengan bantuan kamera berdefinisi tinggi.

"Rasa sakit yang dirasakan lebih sedikit dan pasien bisa kembali ke rumah dengan lebih cepat," ujar Dokter Ahli Bedah, Stephen Billing.

Pasien pertama, Natalie Jones, mengaku takut untuk menjadi kelinci percobaan. 

"Tapi saya memilih operasi menggunakan robot karena tidak mau ada bekas luka yang besar. Selain itu, saya suka untuk menjadi yang pertama," tegas Natalie.

Dokter ahli bedah, Moninder Bhabra, mengatakan, sistem operasi menggunakan tangan robot ini sangat mahal. Da Vinci menggunakan empat lengan, tiap lengan menghabiskan dana Rp30 juta dan harus diganti setelah 10 kali operasi.