Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Program Jamban untuk Masyarakat di Bintan Harus Diseriusi
Oleh : hrj/dd
Kamis | 25-10-2012 | 14:50 WIB
cuci_tangan.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Bupati Bintan Ansar Ahmad dan Dirjend P2L Kementerian Kesehatan mencuci tangan dalam sosialisasi Bintan sehat.

TANJUNGUBAN, batamtoday - Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama meminta program jamban bagi masyarakat di Bintan harus diseriusi untuk mewujudkan insan yang sehat.


"Bukan programnya saja yang digalakkan, tapi harus diseriusi," kata Tjandra pada acara perbaikan kualitas jamban dan pencanangan satu rumah satu mahasiswa, di Terminal Simpang Lagoi, kecamatan Teluksebong Bintan, Kamis (25/10/2012). 

Sementara itu Bupati Bintan Ansar Ahmad menjelaskan dalam kesempatan tersebut menyampaikan sejumlah program yang telah berjalan dengan baik di Bintan, diantaranya perbaikan kualitas jamban masyarakat, pengentasan kemiskinan, program satu rumah satu sarjana dan peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.  

Dijelaskan untuk perbaikan kualitas jamban atau sanitasi, sejak tahun 2010 hingga saat ini sedikitnya pemkab sudah membangun sedikitnya 3160 jamban atau 85% masyarakat sudah memiliki jamban, selain itu ada jamban komunal sebanyak 6 unit dan satu unit untuk lima keluarga. Selain itu, dilakukannya bantuan berupa bantuan melalui pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang besarnya bantuan sebesar Rp 15 juta hingga Rp 25 juta. 

Dalam kesempatan tersebut, Pemkab Bintan juga memberikan bantuan empat unit kendaraan ambulans untuk empat Puskesmas, diantaranya  tiga untuk Kecamatan Teluksebung dan satu untuk Toapaya. hal tersebut katanya, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

"Mobil ambulans, diserahkan guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Jadi jangan sampai digunakan untuk jalan sore-sore," imbuhnya.