Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Limbah B3 Juga Dibuang di Hutan Lindung Kabil
Oleh : ali/dd
Rabu | 24-10-2012 | 18:03 WIB
limbah-b3-hlk.gif Honda-Batam
Hutan lindung Kabil yang lokasi pembuangan limbah B3.

BATAM, batamtoday - Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) jenis logam, dan karet seperti ban bekas ternyata tidak hanya dibuang di lokasi pemukiman warga Kabil. Ratusan ton limbah B3 yang diangkut dari kawasan Pertamina Tongkang itu juga dibuang di hutan lindung Kabil Raya, Kecamatan Nongsa sejak satu bulan yang lalu.


"Limbah ini dari Pertamina Tongkang, kami hanya pekerja aja," kata salah seorang yang bekerja di penumpukan limbah B3 di kawasan hutan lindung Kabl Raya, Rabu (23/10/2012).

Lokasi pembuangan yang berjarak sekitar 600 meter dari jalan raya merupakan lokasi yang empuk bagi PT Pandawa sebagai transporter pengangkutan limbah yang mengangkut B3 dari lahan Pertamina Tongkang tersebut.

"Sama ini punya pak Agus juga, selain yang di sini ada juga dua titik. Di belakang rumah Aseng dan yang satu titiknya lagi di lahan Pertamina," ujarnya kembali.

Setiap harinya, sebanyak puluhan kali pengangkutan limbah B3 ini  yang diangkut dari Pertamina Tongkang. Meski akses jalan menuju lokasi (hutan lindung Kabil Raya) sulit untuk angkutan seperti dump truck, namun hal itu tidak menghalangi aktivitas yang dilakukan PT Pandawa.

Dari tumpukan limbah campuran itu, kembali dipilah di hutan lindung ini. Untuk limbah jenis besi dipisahkan tersendiri, demikian juga limbah ban bekas.

Sejauh pemberitaan ini, Agus dari PT Pandawa maupun pihak Pertamina belum berhasil dikonfirmasi.