Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perundingan Upah Minimum yang Pertama Berjalan Alot
Oleh : ypn/dd
Rabu | 24-10-2012 | 17:30 WIB

BATAM, batamtoday - Walaupun rapat perundingan Upah Minimum Kota (UMK) Batam 2013 masih pertama kali dilakukan, namun ternyata sudah berlangsung alot.


Berbeda dari rapat awal pada tahun-tahun sebelumnya, rapat perundingan UMK kali ini jauh lebih menyita waktu karena sejak sekitar pukul 10.00 WIB hingga berita ini ditulis, rapat masih berlangsung.

Surya Darma Sitompul, Anggota Dewan Pengupahan Kota (DPK) wakil dari serikat pekerja mengungkapkan, saat ini rapat masih membahas tata tertib rapat.

"Agenda rapat masih membahas tatib dan belum ada kesepakatan penuh," ujarnya saat rapat diskors untuk istirahat dan Shalat Ashar, Rabu (24/10/2012).

Menurutnya, dalam rapat yang digelar tertutup itu wakil dari serikat pekerja dan pengusaha memiliki pendapat yang berbeda soal agenda pembahasan upah kelompok usaha.

Hal inilah yang menjadi pokok perdebatan sehingga rapat berjalan alot.

Awalnya, jelas Surya, wakil pekerja mengusulkan adanya agenda pembahasan upah kelompok usaha dalam tata tertib perundingan.

Usulan itu disampaikan sesuai komitmen Wali Kota Batam Ahmad Dahlan untuk memberlakukan upah kelompok usaha mulai 2013.

Namun dari pihak pengusaha yang diwakili Apindo, menolak usulan tersebut.

Setelah melalui perdebatan, akhirnya wakil Apindo mau menyetujui usulan tersebut dengan kata-kata, upah kelompok usaha akan dibahas setelah masing-masing pihak mensosialisasikannya.

Tetapi usulan yang dilontarkan wakil Apindo tersebut juga mendapat penolakan dari wakil pekerja setelah menilai kata-kata itu menggantung.

"Kami tidak setuju dengan itu karena mengambang. Tidak jelas kapan upah kelompok usaha dibahas. Seharusnya ada kejelasan," katanya.

Kendati demikian, Yanuar Dahlan, Juru Bicara Apindo mengatakan, rapat berjalan lancar. "Tidak ada apa-apa kok, aman-aman saja," ujarnya.

Menurutnya, rapat hanya tinggal menyetujui tata tertib perundingan UMK. Namun dia tidak dapat menjelaskan, bila rapat berjalan lancar, mengapa berlangsung selama ini.