Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertamina Tongkang Diduga Buang Limbah B3 di Lahan Warga
Oleh : ali/dd
Rabu | 24-10-2012 | 16:16 WIB
tanah-limbah.gif Honda-Batam
Tumpukan tanah mengandung limbah yang dibuang di Kabil.

BATAM, batamtoday - Pertamina Tongkang diduga membuang ratusan ton limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di lahan warga setempat, Kabil, Kecamatan Nongsa sejak dua minggu lalu.


"Sudah 20 dump truck tanah yang dibuang di lokasi saya sejak dua minggu yang lalu," ujar Alek pemilik lahan yang menjadi lokasi pembuangan limbah, Rabu (24/10/2012).

Alek mengatakan, limbah asal Pertamina Tongkang ini dibuang di lahannya tanpa ada permintaan izin kepadanya selalu pemilik lahan. Selain itu, setelah limbah itu dibuang, sepengakuan pengurus PT Pandawa, perusahaan pembuangan limbah, yang bernama Agus tanah itu disebut tidak mengandung limbah.

"Saya mau nyetop tapi gak berani, Agus terus bersama oknum polisi. Saya hanya minta sama Agus untuk mengangkat limbah ini dari lahan saya, tapi tidak juga dipindahkan," katanya.

Leo Chandra Hutabarat, ketua pemuda wilayah Kabil mengatakan, ketika dirinya akan konfirmasi kepada Agus, pengurus PT Pandawa itu selalui diikuti rekannya seorang oknum polisi yang selalu memperlihatkan senjatanya.

"Pada saat saya akan menanyakan kepada Agus, polisi itu yang menjawab, katanya jangan ribut-ribut, kenapa gak minta cak (uang) kopi aja," kata Leo Chandra kepada batamtoday.