Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Prabowo-Gibran Dilantik sebagai Presiden dan Wapres 2024-2029 Hari Ini
Oleh : Irawan
Minggu | 20-10-2024 | 08:04 WIB
prabowo-gibran.jpg Honda-Batam
Pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih pada Pilpres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih pada Pilpres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029

Pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan digelar di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta, Minggu (20/10/2024) ini.

Sedikitnya perwakilan 35 negara sahabat diundang hadir ke pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029, Minggu (20/10/2024).

Sebanyak 23 negara disebut akan direpresentasikan oleh pimpinan setara kepala dan wakil kepala negara, sementara sisanya direpresentasikan mantan kepala negara dan utusan khusus. Semuanya masuk ke dalam kategori tamu very very important person (VVIP).

Ketua MPR RI, Ahmad Muzani mengatakan, beberapa tokoh-tokoh menkonfirmasi yang akan hadir dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Salah satu tokoh yang dikonfirmasi hadir dalam pelantikan yaitu Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

"Kami sudah berkomunikasi seperti saudara-saudara semua menyaksikan. Kami sudah berkomunikasi untuk sejumlah mantan Presiden-Wakil Presiden yang akan hadir pada acara besok," kata Muzani.

"Insya Allah Susilo Bambang Yudhoyono (hadir)," sambung Muzani.

Selain itu, Wapres ke-6 Try Soetrisno, Wapres ke-11 Boediono, dan Wapres ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla atau JK, juga akan hadir.

Turut hadir pula direncanakan keluarga dari Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dan keluarga dari Wapres ke-9 Hamzah Haz.

"Jusuf Kalla, Jenderal TNI Purnawirawan Try Soetrisno, Boediono, dan keluarga mantan Presiden Abdurrahman Wahid, keluarga mantan Wakil Presiden Hamzah Haz juga akan hadir," jelas dia.

Sementara Presiden RI ke-6 yang juga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dipastikan tidak menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran. Sedangkan Presiden Jokow Widodo dan Wapres Jusuf Kalla bakal menghadiri pelantikan.

Berdasarkan jadwal, agenda pelantikan dimulai pukul 10.00 WIB yang dibuka oleh Ketua MPR RI Ahmad Muzani. Selanjutnya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bakal membacakan sumpah jabatan.

Sidang paripurna itu akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Nantinya Jokowi dan Ma'ruf serta Prabowo dan Gibran bakal bertukar tempat duduk setelah prosesi pelantikan selesai.

Acara dilanjutkan dengan pidato pertama presiden ke-8 Republik Indonesia Prabowo Subianto. Selain disaksikan oleh anggota DPR RI, DPD RI, para pejabat tamu undangan, serta masyarakat tanah air, kegiatan itu pun disaksikan oleh tamu kenegaraan dari negara-negara sahabat.

Pada tanggal 24 April 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024.

Dalam Pilpres 2024 terdapat tiga pasangan calon, yakni pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran, pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md

Penetapan tersebut tertuang dalam Berita Acara Nomor 252/PL.01.9-BA/05/2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

Prabowo-Gibran berhasil meraih 96.214.691 suara atau 58,59 persen dari total suara sah nasional dan memenuhi sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia.

Editor: Surya