Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penyelenggaraan Bursa Kerja Batam Terancam Ditiadakan
Oleh : yp
Selasa | 23-10-2012 | 18:48 WIB


BATAM, batamtoday - Dinas Tenaga Kerja Kota Batam melihat kemungkinan dihapuskannya program bursa kerja Batam pada tahun depan menyusul menurunnya jumlah pencari kerja dalam setiap penyelenggaraan agenda tersebut dalam beberapa tahun terakhir.


Kadisnaker Kota Batam Zarefriadi mengungkapkan pihaknya akan mengevaluasi penyelenggaraan Bursa Kerja Batam 2012 yang dilaksanakan pada 16-18 Oktober lalu di Polikteknik Batam.

"Jika dinilai tidak signifikan lagi, tahun depan berpeluang ditiadakan. Kalau seandainya menurun terus, berarti masyarakat sudah cerdas mencari sendiri," kata dia, Selasa (23/10/2012).

Menurutnya minat pencari kerja pada bursa kerja lalu menurun jika dibandingkan penyelenggaraan yang sama pada tahun lalu. Bahkan bursa kerja tahun lalu juga menurun drastis dibanding tahun sebelumnya. 

Berdasarkan data yang diperoleh Disnaker Batam, pada kegiatan bursa kerja yang sudah berlangsung di hari pertama tercatat sebanyak 1.555 pelamar. Sementara pada hari kedua, turun menjadi 1.165 dan hari terakhir sebanyak 3. 977.

"Itu sesuai dengan data pelamar pada bursa kerja yang sudah berlangsung," tambahnya.

Zarefriadi mengatakan jumlah pencari kerja tersebut jauh dibawah data pencaker yang telah dirilis Disnaker Batam hingga Semester I 2012 sebanyak 13.128 orang pencari kerja. 

Meski begitu, jumlah pencari kerja yang melamar saat Bursa Kerja Batam 2012 telah melewati jumlah lowongan yang disediakan.

Seperti yang diketahui, sebanyak 34 perusahaan asing maupun dalam negeri mengikuti Bursa Kerja Batam 2012 dan menyediakan lowongan kerja sebanyak 2.239 posisi. Lowongan kerja dibuka untuk sektor industri elektronik, galangan kapal, bank, ritel, restoran, hotel, golf, air bersih, dan otomotif.