Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kadar Gula Darah Tak Stabil Sebabkan Kelelahan
Oleh : dd/mdk
Selasa | 23-10-2012 | 09:50 WIB

BATAM, batamtoday - Diabetes adalah penyakit kronis yang mempengaruhi setiap organ dalam tubuh manusia. Akibatnya, penderita diabetes merasa tubuhnya cepat lelah. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh kadar gula darah yang tidak stabil. 


Kadar gula darah yang terlalu rendah akan mengakibatkan hipoglikemia. Sebaliknya, kadar gula terlalu tinggi bisa menyebabkan hiperglikemia. Rasa lapar yang ekstrem, sembelit, dan depresi merupakan gejala umum dari diabetes tidak stabil. 

Kondisi tidak stabil

Kondisi tidak stabil biasanya terjadi pada penderita diabetes yang mengonsumsi suplemen insulin secara teratur, khususnya diabetes tipe 1. Tubuh menjadi sangat bergantung pada insulin sehingga tidak ada oksidasi glukosa sama sekali. Fluktuasi kadar gula darah yang sangat tinggi bahkan dapat membuat orang kehilangan kesadarannya.

Hormon stres juga menjadi penyebab dari kadar gula yang tidak stabil. Meski terdengar sepele, stres dapat mengganggu kerja insulin dalam tubuh. Selain stres, kondisi tubuh yang tidak stabil bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang parah. Kadar gula darah yang tidak stabil membuat penderita diabetes tidak mampu mencerna dan mengasimilasi makanan.