Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dapat Mengurangi Estetika, Begini Cara Hilangkan Karat pada Bodi Mobil
Oleh : Redaksi
Sabtu | 21-09-2024 | 19:24 WIB
Karat-mobil1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kemunculan karat pada bodi mobil merupakan salah satu kekhawatiran yang dimiliki oleh para pengguna kendaraan. Pasalnya, hal ini dapat mengurangi estetika maupun nilai jual kendaraan.

Karat bersumber dari hasil oksidasi logam yang kerap terjadi pada permukaan kendaraan berbahan besi maupun baja, seperti halnya bodi mobil. Karat yang muncul pada mobil umumnya berbentuk bercak ataupun korosi yang dapat merusak tampilan eksterior.

Timbulnya karat pada bodi mobil umumnya disebabkan oleh hal-hal berikut:

1. Terpapar air dan kelembaban secara terus menerus
Ketika permukaan mobil terkena air dalam waktu yang lama, air akan terperangkap dalam celah dan lipatan mobil yang menyebabkan terjadinya proses oksidasi pada logam.

2. Cacat permukaan dan kerusakan cat
Ketidaksempurnaan pada cat atau kerusakan permukaan mobil dapat menghilangkan lapisan pelindung yang memungkinkan air serta kelembaban masuk ke lapisan logam dan mempercepat korosi.

3. Minimnya perawatan
Mobil yang kurang mendapat perawatan, seperti cuci, pelumasan secara rutin, dan perlindungan wax atau sealant cenderung lebih cepat berkarat dibandingkan dengan mobil yang mendapat perawatan cukup.

Perlu langkah yang tepat untuk menghilangkan karat pada bodi mobil:

1. Lakukan pengamplasan dan pengecatan ulang
Penggunaan amplas dengan butiran halus merupakan langkah awal untuk menghilangkan karat tanpa merusak permukaan.

Setelah diamplas, bersihkan area tersebut dari debu dan kotoran, oleskan primer anti karat, kemudian cat ulang dengan warna yang sesuai dengan mobil anda.

2. Oleskan dempul
Dempul merupakan cara lain yang ampuh untuk mengatasi karat pada mobil. Pengaplikasiannya adalah dengan mengoleskan dempul pada bagian berkarat, lalu amplas hingga permukaan menjadi rata.

3. Gunakan rust remover
Rust remover adalah produk khusus yang dirancang untuk menghilangkan karat. Penggunaannya cukup dengan mengaplikasikan rust remover pada area yang berkarat. Hingga karat hilang. Setelah itu, oleskan primer anti karat dan lakukan pengecatan ulang.

Mengetahui penyebab dan cara menghilangkan karat sangat penting untuk menjaga eksterior mobil Anda. dengan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda dapat menjaga bodi mobil Anda tetap terawat dan terhindar dari karat.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha