Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Komisi III dan Komisi X DPR Setujui Naturalisasi Eliano Reijnders dan Mees Hilgers
Oleh : Irawan
Rabu | 18-09-2024 | 10:04 WIB
persetujuan_meres_eliaono.jpg Honda-Batam
Rapat kerja (raker) mengenai pemberian persetujuan kewarganegaraan kepada dua pesepakbola Timnas Indonesia. Kedua pesepakbola itu ialah Eliano Johannes Reijnders dan Mees Victor Joseph Hilgers

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Komisi III dan Komisi X DPR menggelar rapat kerja (raker) bersama pemerintah mengenai pemberian persetujuan kewarganegaraan kepada dua pesepakbola Timnas Indonesia. Kedua pesepakbola itu ialah Eliano Johannes Reijnders dan Mees Victor Joseph Hilgers.

Persetujuan dimulai dengan menggelar raker di Komisi III DPR pada siang hari dan sore harinya di Komisi X di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Rapat dihadiri Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh, Adies Kadir, dan Habiburokhman, sedangkan di Komisi X DPR raker dipimpin Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian

Sementara itu, perwakilan pemerintah dihadiri oleh Menpora Dito Ariotedjo, Menkumham Supratman Andi Agtas, dan Sekjen PSSI Yunus Nusi.

"Sesuai Surat Presiden Nomor R47/PRES/09/2024 dan R48/PRES/9/2024 perihal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI atas nama Saudara Eliano Johannes Reijnders dan Saudara Mees Victor Joseph Hilgers," ujar Pangeran Khairul Saleh membuka rapat.

Dito menyampaikan pertimbangan pemberian rekomendasi naturalisasi kepada dua pesepakbola tersebut. Salah satunya mengungkit pengalaman sepakbola internasional.

Menkumham Supratman turut menyampaikan persetujuannya soal naturalisasi kepada dua pesepakbola itu. Pangeran kemudian menanyakan soal persetujuan kewarganegaraan tersebut kepada seluruh hadirin rapat.

"Kira-kira apakah setuju? Sudah semua, ya?" ujar Pangeran diikuti ketokan palu persetujuan.

Setelah Komisi III DPR RI, kali ini giliran Komisi X DPR RI menyetujui untuk merekomendasi kewarganegaraan kepada dua calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Pada agenda ini perwakilan PSSI yang hadir yakni Sekjen Yunus Nusi beserta anggota Komite Eksekutif, Vivin Cahyani Sungkono. Eliano Reijnders juga hadir mengikuti Rapat Kerja ini lewat zoom.

"Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Saudara Eliano Reijnders dan Mees Hilgers dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selanjutnya Rapat Kerja hari ini akan disampaikan pada Rapat Paripurna DPR RI untuk diambil keputusan," kata Hetifah Sjaifudian.

Sementara itu, Menpora mengucapkan terima kasih kepada Komisi X DPR RI yang mendukung dan menyetujui permohonan perpindahan kewarganegaraan Mess dan Eliano.

"Terima kasih atas dukungan dan persetujuan dari Komisi X DPR RI dalam proses permohonan kewarganegaraan," kata Menpora, Dito Ariotedjo.

"Pemain-pemain yang kami proses 100 persen memiliki darah Indonesia. Ini agar peringkat Indonesia di FIFA bisa tembus 100. Terkait pembibitan usia muda tidak perlu diragukan. Karena saat ini banyak sekali kompetisi dari U-7 sampai U-12," tambahnya.

Mess Hilgers saat ini bermain di FC Twente, Belanda dan kelahiran 13 Mei 2001, sedangkan Eliano Reijnders bermain di PEC Zwolle, Belanda, kelahiran 23 Oktober 2000.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi bersyukur atas persetujuan rekomendasi proses naturalisasi yang diberikan Komisi III dan Komisi X kepada Mess Hilgers dan Eliano Reijnders.

"Mewakili Ketua Umum PSSI (Erick Thohir) kami ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Komisi X dan Komisi III DPR RI yang telah memberikan rekomendasi proses naturalisasi yang diberikan kepada Mess Hilgers dan Eliano Reijnders tentunya dukungan untuk kemajuan sepak bola Indonesia. Semoga dalam waktu dekat mereka bisa debut bersama timnas Indonesia,'' kata Yunus Nusi.

Setelah ini, proses naturalisasi berlanjut ke rapat paripurna DPR, dan berlanjut ke Keputusan Presiden (Keppres). Dari situ, tahap terakhirnya adalah diambil sumpah kewarganegaraan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Seusai menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), baru dua pemain tersebut melakukan perpindahan federasi.

Timnas Indonesia dalam waktu dekat akan menjalani dua pertandingan lanjutan Ronde Ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Oktober mendatang. Skuad Garuda akan bertandang ke Bahrain (10 Oktober) dan China (15 Oktober).

Editor: Surya