Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dukung Perkembangan Industri Pertambangan

ExxonMobil Hadirkan Solusi Pelumasan Inovatif di Mining Indonesia 2024
Oleh : Redaksi
Rabu | 11-09-2024 | 15:44 WIB
Pelumas-Inovatif.jpg Honda-Batam
ExxonMobil menampilkan teknologi solusi dan layanan pelumasan di sektor pertambangan untuk meningkatkan produktivitas dan mengoptimalkan operasi bagi para pelaku industri. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), penyedia solusi dan layanan pelumasan terkemuka, berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan sektor pertambangan Indonesia melalui partisipasinya dalam pameran Mining Indonesia 2024.

Acara ini diselenggarakan pada tanggal 11-14 September 2024, di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta.

Presiden Direktur PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), Syah Reza, mengatakan ExxonMobil menampilkan teknologi solusi dan layanan pelumasan di sektor pertambangan untuk meningkatkan produktivitas dan mengoptimalkan operasi bagi para pelaku industri. "Partisipasi kami di Mining Indonesia 2024 merupakan wujud komitmen kami dalam mendukung kemajuan industri pertambangan di Indonesia. Kami menghadirkan solusi pelumasan dan layanan inovatif yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya operasional, dan membantu industri pertambangan dalam menghadapi tantangan kompetitif di tingkat global," ujar Syah Reza, dalam siaran pers, Rabu (11/9/2024).

ExxonMobil berkomitmen mendukung sektor pertambangan dan berfokus pada peningkatan efisiensi dan produktivitas industri pertambangan melalui teknologi pelumasan terkini. Hal ini relevan dengan data dari Badan Pusat Statistik per Agustus 2024, menunjukkan bahwa industri pertambangan masih menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Pada kuartal II 2024, pertumbuhan ekonomi tertinggi tercatat di wilayah Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua, didorong oleh industri pertambangan. Namun, seiring dengan berkembangnya aktivitas pertambangan di Indonesia, terdapat tantangan operasional yang signifikan.

Peralatan dan mesin pertambangan bekerja dalam kondisi ekstrem yang sering kali menyebabkan peningkatan risiko kerja, kebutuhan konsumsi energi tinggi, dan kemungkinan downtime peralatan, pada akhirnya dapat menurunkan produktivitas. Di samping itu, terdapat peningkatan adopsi teknologi Smart Mining yang menuntut penggunaan pelumas khusus dan canggih untuk mendukung operasional peralatan tambang modern.

ExxonMobil memahami tantangan yang dihadapi industri pertambangan Indonesia. Oleh karena itu, ExxonMobil menghadirkan solusi dan layanan pelumasan untuk meningkatkan efisiensi biaya, mengurangi downtime, dan memperpanjang umur peralatan seperti Mobilgrease XHP 462, Mobil SHC Gear 22M & 46M, Mobilith SHC 220 Moly, Mobil Delvac Modern 15W-40 Super Fleet, dan Mobil Delvac Modern Coolant Extended Life Ready Mix, serta layanan MobilSM Lubricant Analysis, dan MobilSM Grease Analysis di pameran Mining Indonesia 2024.

Mobilgrease XHP 462 Moly, pelumas yang mengandung 3% molibdenum disulfida ini memberikan perlindungan terhadap keausan. Pilihan ideal untuk aplikasi pin dan bushing atau fifth wheel. Ada pula, Mobil SHC Gear 22M & 46M, pelumas sintetis dirancang dengan paduan bahan dasar sintetis dan aditif eksklusif. Dengan viskositas ultra tinggi, kedua pelumas dapat bekerja optimal pada beban dan suhu tinggi. Penggunaannya dapat memperpanjang masa pakai roda gigi, mengurangi downtime serta menekan biaya perawatan dan penggantian.

Dengan pengalaman lebih dari 125 tahun, ExxonMobil terus mengembangkan inovasi pelumasan dibuat oleh para ahli yang disesuaikan dengan kebutuhan industri. ExxonMobil menyediakan solusi pelumasan holistik, membantu mengurangi biaya perawatan dan meningkatkan produktivitas operasional.

Untuk kendaraan komersial, ExxonMobil menawarkan solusi pelumasan seperti Mobilith SHC 220 gemuk berperforma superior,direkomendasikan untuk aplikasi dengan beban ekstrim berbahan dasar oli sintetis, tahan terhadap temperatur operasi tinggi. Ada pula Mobil Delvac Modern 15W-40 Super Fleet dan Mobil Delvac Modern Coolant Extended Life Ready Mix, dirancang untuk memberikan pelumasan pada mesin diesel on-road dan off-road, serta perlindungan korosi pada semua logam sistem pendingin.

ExxonMobil juga menghadirkan layanan purna jual komprehensif seperti Mobil Lubricant Analysis, dan Mobil Grease Analysis, yaitu program yang menyediakan pemantauan dan analisis pelumas yang tepat, didukung tim ahli kelas dunia, guna membantu bisnis mencapai efisiensi yang lebih baik.

Salah satu contoh sukses kolaborasi pelumas dan layanan ExxonMobil adalah dengan kontraktor pertambangan di Kalimantan. Perusahaan kontraktor ini menggunakan Mobilith SHC 220, dan melaporkan tingkat keausan lebih rendah serta interval penggantian bearing jauh lebih panjang dari 1.500 jam menjadi 3.000 jam.

Selain itu juga meningkatkan keamanan kerja, mengurangi downtime, dan mengurangi penggunaan gemuk hingga 50% dengan estimasi penghematan biaya sebesar USD 186.000 per tahun.

Adanya solusi dan layanan pelumasan canggih untuk berbagai industri, ExxonMobil berkomitmen untuk terus berinovasi dalam teknologi dan layanan agar dapat terus menjadi mitra bagi para pelanggan yang memberikan kontribusi dalam meningkatkan efisiensi dan kinerja operasional.

Editor: Gokli