Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bahlil Lahadalia Calon Tunggal Ketum Partai Golkar Periode 2024-2029
Oleh : Irawan
Rabu | 21-08-2024 | 10:24 WIB
bamsoet_munas.jpg Honda-Batam
Ketua Penyelenggara Rapimnas dan Munas XI Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Ketua Penyelenggara Rapimnas dan Munas XI Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan, Munas XI Partai Golkar MUNAS adalah forum konsolidasi, yang akan menyatukan dalam gerak sinergi dan kolaborasi, serta meneguhkan loyalitas dan integritas dari setiap kader partai.

Sehingga dengan demikian urgent-nya soliditas sebagai daya inti organisasi, dan sedemikian pentingnya kontribusi Partai Golkar dalam membangun negeri, maka pada MUNAS kali ini kita mengusung tema: GOLKAR SOLID UNTUK INDONESIA MAJU.

"Karena MUNAS adalah forum tertinggi dalam organisasi Partai Golkar, maka seluruh kader Golkar memiliki kewajiban yang sama untuk menghormati dan menjunjung tinggi seluruh keputusan yang ditetapkan dalam MUNAS. Mari kita bergandengan tangan, bahu membahu membesarkan Golkar. Mari kita tegakkan panji-panji Partai Golkar untuk Indonesia yang lebih maju dan Indonesia yang lebih baik. Tempora mutatur, edmos mutamur in illis, waktu telah berubah, kita harus berubah di dalamnya," ujar Bamsoet dalam Pembukaan Munas XI Partai Golkar yang dilakukan Plt Ketum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Selasa (20/8/2024).

Munas XI Partai Golkar dihadiri oleh 1.500 peserta. Terdiri dari pengurus pleno DPP Partai Golkar, dewan pembina, dewan pakar, dewan kehormatan, dewan penasehat dan dewan etik Partai Golkar, organisasi sayap (AMPG dan KPPG), hasta karya (SOKSI, KOSGORO 1957, MKGR, pengajian AL Hidayah, AMPI, Himpunan Wanita Karya, MDI dan Satkar Ulama), ketua, sekretaris dan bendahara DPD Partai GOLKAR tingkat provinsi, kabupaten dan kota seluruh Indonesia.

Hadir antara lain Ketua Dewan Pembina Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono, Ketua Dewan Etik Mohammad Hatta, Plt Ketum Partai Golkar Agus Gumiwang, Sekjen DPP Partai Golkar Lodewijk F Paulus, Bendahara Umum DPP Partai Golkar Dito Ganinduto, Calon Ketum Partai Golkar Bahlil Lahadalia, Ketua Panitia Pengarah Rapimnas & Munas XI Partai Golkar Adies Kadir serta Ketua Panitia Pelaksana Rapimnas & Munas XI Partai Golkar Sari Yuliati.

Ketua DPR RI ke-20 dan Ketua Komisi III DPR RI ke-7 bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini ini menjelaskan, pelaksanaan Munas XI akan diselenggarakan dari tanggal 20 hingga 21 Agustus 2024 yang terbagi dalam tujuh rapat paripurna. Rapat paripurna pertama diisi dengan penjelasan materi Munas XI, pengesahan jadwal acara Munas XI, pengesahan tata tertib Munas XI dan pemilihan pimpinan Munas XI. Rapat paripurna kedua berisi laporan pertanggungjawaban DPP Partai Golkar Periode 2019-2024.

"Rapat paripurna ketiga dengan pokok agenda pemandangan umum peserta Munas XI. Rapat paripurna keempat berisi tanggapan/penjelasan DPP Partai Golkar, pernyataan MUNAS XI terhadap laporan pertanggungjawaban DPP Partai Golkar Periode 2019–2024 dan pernyataan demisioner DPP Partai Golkar Periode 2019- 2024. Rapat paripurna kelima diisi dengan rapat-rapat komisi, laporan komisi-komisi serta pengesahan hasil rapat komisi," kata Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI (Ormas Pendiri Partai Golkar) dan Kepala Badan Polhukam KADIN Indonesia ini menambahkan, rapat paripurna keenam berisi penetapan tata cara pencalonan dan pemilihan ketua umum/ketua formatur dan anggota formatur DPP Partai Golkar Periode 2024-2029. Dilanjut pengumuman bakal calon ketua umum, penetapan calon ketua umum, penyampaian visi-misi calon ketua umum, pemilihan ketua umum dan penetapan ketua umum terpilih DPP Partai Golkar Periode 2024–2029.

Rapat paripurna ketujuh dilakukan untuk pemilihan dan penetapan anggota formatur, pengumuman dan penetapan komposisi dan personalia DPP Partai Golkar Periode 2024–2029, pernyataan politik oleh ketua umum terpilih, penetapan hasil-hasil Munas XI dan terakhir penutupan sidang Munas XI.

"Calon Ketum DPP Partai Golkar hanya satu, Bahlil Lahadalia. Bisa dipastikan Munas akan secara aklamasi memilih Bahlil Lahadalia sebagai Ketum Partai Golkar periode 2024-2029. Munas XI Partai Golkar dijadwalkan akan ditutup pada hari Rabu, 21 Agustus 2024, pukul 19.00 WIB. Direncanakan Presiden RI Joko Widodo dan Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto akan hadir," pungkas Bamsoet.

Editor: Surya