Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPRD Kesal, Kepala Bappeda Anambas Dua Kali Mangkir Rapat
Oleh : emmi/dd
Rabu | 17-10-2012 | 14:24 WIB

ANAMBAS, batamtoday - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Anambas sangat kesal melihat ketidakhadiran Kepala Bappeda, Syarifuddin dalam pembahasan Ranperda Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang berlangsung di gedung DPRD Anambas, Selasa(16/10/2012) kemarin. Kekesalan ini mencuat setelah kepala Bapedda dua kali mangkir dari agenda rapat yang telah ditentukan.


"Pembahasan RTRW ini yang sangat penting. Tapi kenapa Kepala Bappeda mengirim Sekretaris, bukan dia yang datang. Bahkan, dalam pembahasan sehari sebelumnya, hanya dihadiri oleh stafnya," kata Ketua Komisi I DPRD Anambas, Acok dengan nada kesal kepada wartawan.

Menurut Acok, jika pembahasan RTRW ini tidak dilakukan dengan serius dipastikan akan susah menentukan arah pembangunan di Anambas kedepan. Untuk itu, Ia mempertanyakan komitmen Kepala Bappeda dalam pembangunan Anambas kedepan yang dinilai dapat merugikan daerah.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Banleg DPRD Anambas, Sarivan. Ia juga kesal atas tidak hadirnya Kepala Bappeda Anambas. Padahal, yang bersangkutan merupakan ujung tombak pembangunan Anambas kedepan. "Saya menilai, pembahasan RTRW ini jauh dari harapan. Sisi baiknya, pembahasan ini untung saja didampingi dari provinsi dan konsultan," katanya.

Sarivan menuturkan, atas kejadian ini pihaknya sudah melaporkan kepada Bupati Anambas, Tengku Mukhtaruddin untuk menindaklanjuti. Sebab kata Sarivan, pembahasan ini semua pihak punya tanggung jawab yang sama.

Terpisah, Bupati Anambas, Tengku Mukhtaruddin yang dikonfirmasi menegaskan, dirinya sudah menerima laporan atas ketidakhadirian kepada Bappeda dalam pembahasaan RTRW tersebut karena sakit.

"Setelah kita konfirmasi yang bersangkutan, Kepala Bapedda sedang dilanda sakit malaria. Sekarang Kepala Bappeda sedang berada di Karimun," kata Tengku kepada wartawan.