Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bahlil Lahadalia Jadi Calon Tunggal Ketua Umum Partai Golkar
Oleh : Irawan
Selasa | 20-08-2024 | 11:24 WIB
bahlil_lahadahila.jpg Honda-Batam
Bahlil Lahadalia, calon tunggal pengganti Airlangga Hartarto sebagai calon tunggal Ketua Umum Partai Golkar (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Ketua Steering Commitee Rapimnas dan Musyawarah Nasional XI Partai Golkar, Adies Kadir, mengatakan komite pemilihan telah rampung melakukan tahapan verifikasi berkas bakal calon Ketua Umum Partai Golkar.

Dari verifikasi tersebut, kata dia, komite menyatakan berkas pendaftaran atas nama bakal calon Ridwan Hisjam dinyatakan tidak memenuhi persyaratan sebagai calon Ketua Umum Partai Golkar pada Munas XI partai.

Sedangkan berkas bakal calon atas nama Bahlil Lahadalia, Adies melanjutkan, dinyatakan lengkap dan memenuhi persyaratan sebagai calon Ketua Umum partai Golkar.

"Steering Committee melalui komite pemilihan telah menemukan satu orang calon Ketua Umum Partai Golkar saja untuk periode 2024-2029 atas nama saudara Bahlil Lahadalia," kata Adies di kantor DPP Partai Golkar, Senin, 19 Agustus 2024.

Ia menjelaskan, berkas pendaftaran Ridwan Hisjam, dinyatakan tidak lolos karena tidak memenuhi dua dari tujuh persyaratan yang diperlukan komite. "Yang paling ini (membuat tidak lolos) adalah surat dukungan," ujar Adies.

Bahlil Lahadalia sendiri telah mengantongi 469 dari 558 pemilik suara atau memiliki 83 persen dari 30 persen suara minimal yang diperlukan.

Bahlil mengklaim telah memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon Ketua Umum Partai Golkar. Ia menyebut, pernah menjadi pengurus Dewan Pimpinan Daerah Golkar Papua pada 2009-2014 lalu.

"Surat keterangannya ditandatangani Pak Aburizal Bakrie dan Idrus Marham," ujar Bahlil.

Mengenai klaim dukungan, ia mengatakan bahwa dirimya telah memperoleh dukungan melebihi ambang batas persyaratan, yaitu hampir 80 persen.

Adapun, DPP Partai Golkar bakal membuka pendaftaran calon ketua umum pada Senin, 19 Agustus 2024 mulai pukul 16.00 sampai 22.00. Ketua Steering Committee Rapimnas dan Munas XI Golkar, Adies Kadir mengatakan syarat anggota partai untuk menjadi Ketua Umum Golkar yakni pernah menjadi pengurus DPP maupun DPD tingkat provinsi.

Sedangkan syarat kedua, telah mendapatkan minimal 30 persen dukungan dari DPD I dan DPD II. Munas Golkar akan digelar pada 20 Agustus 2024. Adapun Ketua Umum Golkar sementara dijabat oleh Agus Gumiwang Kartasasmita yang berstatus sebagai Plt menggantikan Airlangga Hartarto yang mengundurkan diri.

Kedatangan Bahlil di kantor DPP Partai Golkar, disambut riuh sorak "Bahlil, Golkar satu". Diiringi tarian yang disajikan belasan muda-mudi Papua, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tersebut berjalan di tengah kerumunan pendukungnya.

Bahlil menggunakan kemeja kuning yang khas dengan warna utama partai Golkar saat mendaftarkan diri. Bahlil tiba pada Senin pukul 19.50 malam dengan disambut Pelaksana tugas Ketua Umum partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita dan Sekretaris Jenderal, Lodewijk Friedrich Paulus.

Editor: Surya