Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekda Tanjungpinang Pimpin Upacara Tantingan Calon Paskibraka 2024
Oleh : Devi Handiani
Rabu | 07-08-2024 | 15:24 WIB
AR-BTD-3839-Paskib-TPI.jpg Honda-Batam
Upacara tantingan untuk calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2024, Rabu (7/8/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, memimpin upacara tantingan untuk calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2024.

Acara ini berlangsung di Hotel Pelangi Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (07/08/2024). Kegiatan ini juga sekaligus menandai dimulainya pendidikan dan pelatihan calon Paskibraka menjelang peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Prosesi tantingan, yang menjadi tradisi tahunan, dilakukan dengan para calon Paskibraka melewati 'Gerbang Desa Bahagia' --sebuah gerbang simbolis yang melambangkan penyucian diri dan kesiapan mental. Saat melewati gerbang tersebut, para calon diguyur air sebagai simbol kesiapan untuk mengemban tugas mengibarkan Bendera Merah Putih pada 17 Agustus mendatang.

Sekda Zulhidayat menegaskan, pentingnya kesungguhan dalam mengikuti pelatihan ini. "Kalian adalah putra-putri terbaik yang telah terpilih melalui seleksi yang ketat. Saya berharap adik-adik yang telah memilih untuk bergabung dalam Paskibraka dapat bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini," ujarnya.

Zulhidayat menambahkan, upacara tantingan ini diharapkan dapat memantapkan kesiapan para calon Paskibraka dalam melaksanakan tugas mulia mereka pada peringatan Hari Kemerdekaan. Ia juga mengingatkan agar para calon selalu menjaga kesehatan, kekompakan, dan mengikuti seluruh pelatihan dengan sebaik-baiknya.

"Jaga kesehatan, kekompakan, dan ikuti seluruh pelatihan ini dengan baik, sehingga nanti pada 17 Agustus, adik-adik dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan rasa kebanggaan sebagai bagian dari Paskibraka Kota Tanjungpinang," pesan Sekda Zulhidayat.

Upacara tantingan ini juga dihadiri oleh jajaran pejabat Pemko Tanjungpinang, pelatih dari TNI dan Polri, serta purna Paskibraka yang turut mendukung dan menyemangati para calon dalam perjalanan mereka menuju peringatan Hari Kemerdekaan.

Editor: Gokli