Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sandiaga Uno Umumkan Bebas Visa untuk 20 Destinasi Pariwisata Terbaik Indonesia
Oleh : Devi Handiani
Senin | 05-08-2024 | 12:44 WIB
bebas-visa.jpg Honda-Batam
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, usai memberikan Workshop Kata Kreatif di Restoran Sei Nam, Tanjungpinang, Minggu (4/8/2024) sore. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengumumkan pemerintah akan memberikan fasilitas bebas visa kunjungan gratis bagi 20 destinasi pariwisata terbaik di Indonesia.

Langkah ini merupakan upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan memajukan sektor pariwisata Tanah Air. Pengumuman ini disampaikan Sandiaga Uno usai memberikan Workshop Kata Kreatif di Restoran Sei Nam, Tanjungpinang, Minggu (4/8/2024) sore.

"Pembahasan mengenai bebas visa kunjungan telah selesai dilakukan oleh Kemenparekraf dan sudah diserahkan kepada Kemenkumham RI," ungkap Sandiaga.

Meski demikian, Sandiaga menyatakan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) belum mencapai target kunjungan wisatawan. "Per hari ini di Kepri belum mencapai target, targetnya mencapai angka 2 juta tapi baru tercapai 700 ribu saja," jelasnya.

Menjelang akhir masa jabatannya pada bulan Oktober mendatang, Sandiaga sedang fokus menyelesaikan tugas-tugas terakhirnya. Ia juga tengah mempersiapkan dokumen masa transisi.

"Tinggal melanjutkan program unggulan, termasuk program di Kepri seperti di Natuna, Batam, dan Tanjungpinang. Ini harus dilanjutkan agar Kepri menjadi pemenang," ujarnya.

Sandiaga menambahkan, Provinsi Kepri merupakan urutan ketiga sebagai pintu masuk wisatawan mancanegara. "Tapi Kepri gerbang terdepan, ini yang kita harapkan, Kepri lebih berperan dengan berbagai arah kebijakan," tutup Sandiaga.

Program bebas visa ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan memperkuat posisi Indonesia sebagai destinasi pariwisata global yang menarik dan kompetitif.

Editor: Gokli