Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mendagri Puji Pelaksanaan Pilkada DKI

Jokowi-Ahok Resmi Jabat Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta
Oleh : si
Senin | 15-10-2012 | 21:43 WIB

JAKARTA, batamtoday - Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) resmi dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017.


Atas nama Presiden RI, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi melantik keduanya dalam Sidang Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Senin.

Menteri Dalam Negeri menyematkan tanda pangkat dan jabatan ke seragam dinas warna putih yang dikenakan Jokowi dan Ahok, serta menyerahkan Keputusan Presiden Nomor 88/P/2012 tanggal 8 Oktober 2012 tentang penetapan mereka sebagai pemimpin Jakarta, Senin (15/10/2012).

"Kami percaya, saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan," kata Gamawan.

Pada kesempatan itu Jokowi dan Ahok juga menandatangani Pakta Integritas dan menerima memori jabatan dari Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2007-2012, Fauzi Bowo (Foke)-Prijanto.

Dengan bimbingan dari Menteri Dalam Negeri, sebelumnya Jokowi-Ahok juga membacakan sumpah dan janji jabatan untuk memenuhi kewajiban sebagai gubernur/wakil gubernur DKI Jakarta sebaik-baiknya dan seadil-adilnya.

Mereka juga berjanji akan memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa.

Sebelum pembacaan sumpah, Gamawan mengingatkan bahwa "janji ini mengandung tanggung jawab kepada bangsa dan negara, menyelamatkan Pancasila dan UUD 1945."

"Dan ini adalah sumpah kepada Tuhan dan manusia yang harus ditepati dengan keihlasan dan kejujuran," kata Gamawan pada upacara pelantikan yang juga dihadiri mantan Presiden Megawati Soekarno Putri dan mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso.

Pilkada DKI dipuji
Pada kesempatan itu, Mendagri  Gamawan Fauzi menyampaikan pujian terhadap pelaksanaan Pilkada DKI 2012 dua putaran yang berlangsung dengan baik dan dapat dijadikan contoh bagi daerah lain.

"Proses Pilkada DKI tahun ini yang berlangsung dua putaran merupakan contoh yang baik dari transformasi politik di Indonesia," kata Gamawan.

Gamawan menegaskan jika kondisi semacam itu dapat berlangsung di tingkat nasional, maka kualitas demokrasi di Indonesia akan semakin meningkat.

Selain pelaksanaan Pilkada, Gamawan juga memuji sikap calon gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo yang langsung memberikan ucapan selamat kepada Jokowi-Basuki.

"Saya memuji tindakan Fauzi Bowo yang langsung mengucapkan selamat kepada Jokowi secara legawa. Begitu juga sikap Jokowi yang dengan rendah hati menerima ucapan tersebut," ujar Gamawan.

Tak lupa, Gamawan juga turut mengucapkan selamat kepada pasangan Jokowi-Basuki yang baru saja dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017.

"Saya berharap Pak Jokowi dan Pak Basuki menjalankan amanah dengan baik dan mampu menyelesaikan masalah yang ada di ibukota, seperti banjir dan kemacetan," kata Gamawan.

Gamawan menghimbau agar dalam menanggulangi permasalahan di ibu kota, Jokowi dan Basuki tidak bekerja sendirian.

"Permasalahan di DKI banyak, tidak bisa diselesaikan oleh Gubernur sendirian. Oleh karena itu, harus menjalin kerja sama dengan gubernur daerah terkait, seperti gubernur Banten dan Jawa Barat," ungkap Gamawan.

Terakhir, Gamawan mengucapkan terima kasih kepada seluruh seluruh pihak yang telah terlibat selama pelaksanaan Pilkada DKI 2012. Mendagri juga mengapresiasi hasil kerja mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Fauzi Bowo dan Prijanto pada periode sebelumnya.